Usyk Rencana Undang Presiden Ukraina Jadi 'Saksi Hidup' Keperkasaannya atas Daniel Dubois
Petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk. (Foto: Instagram/@usykaa)

Bagikan:

JAKARTA – Juara dunia kelas berat WBO, IBF, WBA, IBO, Oleksandr Usyk berencana mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menghadiri pertarungannya melawan penantang wajib Daniel Dubois.

Pertarungan antara Usyk melawan Dubois dijadwalkan akan berlangsung pada 26 Agustus di Wroclaw, Polandia. Usyk (20-0, 13KO) akan mencoba mempertahankan gelar kelas berat WBA, IBF, dan WBO.

"Yang pasti kami akan menyampaikan undangan resmi kepada Volodymyr Zelensky. Jika dia punya waktu,” ujar Usyk dilansir dari BoxingScene.

Meski demikian, Usyk tidak begitu optimis Zelensky bakal menghadiri undangannya. Pasalnya, Sang Presiden terlalu sibuk di tengah situasi perang dengan Rusia yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Tetapi kami paham bahwa beliau sibuk hampir 24 jam sehari. Saya bertemu dengan presiden lebih dari sekali dan saya melihat kondisi kelelahan yang menyelimutinya. Dia mungkin tidak menunjukkannya, tetapi Anda bisa melihat bahwa dia bekerja sepanjang waktu,” kata Usyk.

Dubois akan menjadi laga pertahanan gelar juara dunia divisi kelas berat kedua bagi Usyk. Sang juara tak terkalahkan ini sebelumnya mengamankan gelar di atas dan kemudian mempertahankannya dalam dua laga melawan Anthony Joshua pada 2021 dan 2022.

Usyk sendiri merasa senang saat tim promotornya memulai diskusi untuk menggelar laga melawan Dubois di negara Polandia. Ia puas dengan lokasi ini karena berbatasan dengan negaranya.

"Saya pikir bertarung di Polandia akan menjadi ide yang bagus. Ini adalah negara yang dekat dengan Ukraina. Kami memiliki hubungan yang baik dengan Polandia dan itu sangat membantu tanah air saya,” kata Usyk.

Usaha Usyk mempertahankan gelar versus Dubois (19-1, 18KO) muncul setelah negosiasi gagal untuk pertandingan kejuaraan yang tak terbantahkan melawan juara kelas berat lineal/WBC Tyson Fury (33-0-1, 24KO).

Negosiasi kedua petarung tersebut sebenarnya berlangsung selama berbulan-bulan untuk kemungkinan bentrokan pada musim semi mendatang. Namun, pembicaraan antara kedua belah pihak tidak pernah membuahkan hasil.

WBA kemudian memerintahkan Usyk untuk mengikuti pertarungan konsolidasi gelar versus Dubois dari London. Dubois yang memegang gelar kelas berat 'Reguler' WBA adalah penantang wajib Usyk.