Bagikan:

JAKARTA – Mantan juara kelas berat dua kali asal Inggris, Anthony Joshua, akan menghadapi Daniel Dubois atau Tyson Fury dalam pertandingan selanjutnya.

Petinju berusia 35 tahun itu baru saja menderita kekalahan keempat dalam kariernya ketika bersua Daniel Dubois untuk berebut sabuk IBF di Stadion Wembley, London, Inggris, pada September 2024.

Joshua dan Dubois kemungkinan akan tarung ulang pada Februari 2025. Selain itu, Fury juga masuk dalam daftar calon lawannya setelah berbagai rencana mempertemukan mereka selalu gagal hingga saat ini.

"Kami akan melawan Dubois atau Fury berikutnya. Itu saja. Tidak ada minat atau (pertarungan) pemanasan lainnya," ujar Promotor Matchroom, Eddie Hearn, dikutip dari BBC.

Fury, yang telah lama dikaitkan dengan pertarungan super melawan Joshua, akan menghadapi petarung Ukraina, Oleksandr Usyk, dalam duel ulang pada 21 Desember 2024.

Petarung asal Inggris itu sebelumnya kalah melalui keputusan terpisah (split decision) kontra Usyk dalam perebutan juara dunia kelas berat tidak terbantahkan pada Mei 2024.

Hearn mengatakan bahwa Joshua masih membutuhkan waktu setelah menelan kekalahan KO melawan Dubois. Dia mengakui Joshua memiliki tekad untuk membelas dendam.

"Namun, satu-satunya masalah adalah waktu. Agar pertandingan ulang dapat terjadi pada Februari 2025, kamp pelatihan harus dimulai dalam beberapa minggu," kata dia.

Seandainya Joshua menang dalam duel ulang dengan Dubois dan Fury menang melawan Usyk, maka Joshua dan Fury akan naik ring untuk memperebutkan status juara dunia tidak terbantahkan.

"Kami akan melawan Dubois, tetapi kami bisa saja melawan Fury pada Mei 2025 untuk pertarungan terbesar dalam tinju," kata Hearn.

Duel ulang antara Fury dan Usyk sudah tidak memperebutkan keempat sabuk. Pasalnya, Usyk sudah mengosongkan IBF yang diperebutkan oleh Joshua dan Dubois.