Bagikan:

JAKARTA – Mantan juara kelas berat WBC asal Inggris, Tyson Fury berang luar biasa gegara kekalahan Anthony Joshua dari Daniel Dubois. Joshua kalah KO ronde lima dalam duel perebutan sabuk kelas berat IBF di Stadion Wembley, London, Sabtu malam 21 September 2024.

Joshua yang sedang mengejar prestasi sebagai juara dunia kelas berat tiga kali, justru knockdown tiga kali sebelum akhirnya menyerah KO dari Dubois. Padahal jika Joshua menang, dia berpotensi untuk menghadapi Fury dalam perebutan sabuk juara dunia kelas berat tahun depan.

Fury harus lebih dahulu melakoni rematch kontra Oleksandr Usyk pada Desember mendatang. Jika menang, petinju berjulukan The Gypsy King itu sudah dirancang melawan Joshua dalam megaduel yang digelar di Arab Saudi pada 2025.

Namun usai kekalahan Joshua, Fury mengatakan bahwa laga tersebut tak lagi memiliki magnet kuat untuk mendatangkan penonton.

“Dengar, kekalahan Si Bodoh itu membuat peluangku mendapatkan 150 juta pound sterling melayang,” kata Fury dengan nada kesal, seperti dikutip The Mirror.

Bos Otoritas Hiburan Arab Saudi, Turki Alalsikh, yang merupakan sumber uang baru dalam tinju profesional pernah menjanjikan bayaran maha besar bagi Fury dan Joshua. Dengan catatan, Fury memenangi duel ulang lawan Usyk dan Joshua menang atas Dubois.

Pertarungan Fury vs Joshua tetap masih mungkin terjadi, namun nilai jualnya sudah tak lagi sebesar jika Joshua menang. Apalagi jika nanti Fury kembali kalah lawan Usyk, sudah pasti nilai duel lawan Joshua semakin merosot.

Promotor Joshua, Eddie Hearn mengatakan bahwa petinjunya masih akan terus bertanding.

“Saya harus akui bahwa Joshua sudah menuju akhir karier, namun belum tamat,” kata Hearn.

Anthony Joshua sendiri mengatakan bahwa kekalahan dari Daniel Dubois bukanlah akhir kariernya. Keduanya masih akan melakukan laga ulang, karena klausul tersebut ada dalam kontrak pertandingan.