Bagikan:

JAKARTA – Karier mantan juara dunia Anthony Joshua terancam sulit dibangun kembali jika ia sampai menelan kekalahan melawan Daniel Dubois untuk perebutan gelar kelas berat IBF.

Kedua petarung tersebut dijadwalkan naik ring dalam acara utama di Stadion Wembley, Inggris, pada Minggu, 22 September subuh pukul 04.45 WIB. Mereka pun sudah menggelar sesi timbang berat badan untuk laga itu di Trafalgar Square, London.

Dalam sesi tersebut, Dubois yang tidak diunggulkan dalam duel besok mendapat sorakan penonton. Ini adalah duel terbesar dalam karier Dubois dan yang dapat mengakhiri karier Joshua di level tertinggi.

Di kesempatan tersebut Joshua mengingatkan Dubois tentang ambisi besarnya dalam pertarungan ini, yang jika ia kalah maka kariernya dalam dunia tinju bisa tamat.

"Saya melihat diri saya sebagai seorang gladiator dan saya akan melangkah ke arena besok untuk tampil bagi orang-orang yang suka melihat darah, nyali dan kejayaan. Saya bersemangat dan saya siap tampil untuk orang-orang," ujar Joshua mengungkap ambisinya dikutip Boxing Scene.

Jika berhasil menang maka Joshua yang berusia 34 tahun memiliki rencana untuk bertarung melawan Tyson Fury. Saat ini Fury juga tengah bersiap untuk duel ulang melawan Oleksandr Usyk.

Akan tetapi, seandainya dia kalah dari juara IBF pada kesempatan mempertahankan gelar pertamanya maka karier Joshua akan sulit dibangun kembali.

Kekalahan dalam duel ini dianggap jauh lebih buruk bagi Joshua dibandingkan dengan dua kekalahan beruntunnya melawan Usyk yang membuatnya kecolongan gelar kelas berat WBA (Super), IBF, WBO, dan IBO.

Di lain sisi, Dubois juga menyatakan siap naik ring untuk bersua Joshua. Petarung yang berusia 27 tahun tersebut terlihat sama sekali tidak terintimidasi oleh lawannya.

"Kami telah bekerja keras. Yang bisa saya katakan adalah saya siap bertarung. Banyak pekerjaan yang telah dilakukan untuk ini. Saya siap untuk memulai. Pembicaraan sudah selesai," ujar dia.

Dalam perjalanan karier sejauh ini, Dubois tercatat sudah menelan dua kekalahan dari 23 pertarungan yang telah ia jalani. Dari jumlah duel itu, 20 kemenangan di antaranya adalah KO.

Di lain sisi, Joshua telah memainkan 31 pertarungan dengan catatan tiga kekalahan. Dalam periode tersebut ia mencetak 25 kemenangan KO dan hanya tiga di antaranya melalui keputusan.