Mills Lane, Wasit Duel Mike Tyson Saat Gigit Kuping Evander Holyfield Meninggal Dunia
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mills Lane, wasit yang memimpin duel Mike Tyson saat menggigit telinga Evander Holyfield, meninggal dunia pada Selasa. Dia berusia 85 tahun.

Lane menderita stroke pada tahun 2002 dan putranya, Tommy, mengatakan bahwa kondisi kesehatan ayahnya memburuk baru-baru ini sebelum dirawat di rumah sakit pada hari Jumat.

Dia meninggal di rumahnya di Reno, Nevada, yang dia tinggali bersama istrinya, Kaye, dan dua putranya.

"Ada sedikit kelegaan karena dia tidak terjebak dalam kondisi itu, tapi kami semua akan merindukannya," kata Tommy dikutip Marca, Kamis.

Seorang petinju yang memenangkan kejuaraan NCAA pada tahun 1960, Lane mengantongi rekor menang-kalah 10-1 sebagai pro sebelum akhirnya berprofesi sebagai wasit.

Mills menjadi wasit saat Holyfield merebut gelar kelas berat dari Buster Douglas, dan lagi saat Tyson didiskualifikasi saat pertarungan keduanya dengan Holyfield setelah sengaja menggigit telinga The Real Deal.

Lane memimpin lebih dari 100 pertarungan perebutan gelar, berbagi ring dengan orang-orang hebat seperti Muhammad Ali, Larry Holmes dan Lennox Lewis.

Tapi, tinju hanyalah pekerjaan akhir pekannya, Lane juga seorang hakim dan jaksa wilayah, dihormati karena keadilan dan ketangguhannya - sama seperti dia di atas ring.

"Selain statusnya yang legendaris di dunia tinju, Mills B. Lane adalah pilar keadilan di Kabupaten Washoe. Dia adalah Jaksa Wilayah yang berdedikasi tanpa basa-basi yang mengutamakan korban kejahatan dan keselamatan publik," Jaksa Wilayah Kabupaten Washoe, Christopher J. Hicks mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Keluarga saya dan saya, serta seluruh Kantor Kejaksaan Distrik Washoe, berduka atas kehilangannya. Semoga dia beristirahat dalam damai."

Mills Lane bekerja hingga pensiun pada tahun 1998

Lahir 12 November 1937, di Savannah, Georgia, Lane mengambil tinju saat bertugas di Korps Marinir. Setelah keluar, dia mendaftar di Universitas Nevada di Reno, di mana dia lulus dengan gelar sarjana hukum pada tahun 1963.

Dia mulai menjadi wasit setahun kemudian dan bekerja hingga pensiun pada tahun 1998. Mantan juri tersebut kemudian membintangi acara televisinya sendiri, "Judge Mills Lane" selama tiga tahun berikutnya.

Lane dilantik ke dalam International Boxing Hall of Fame pada tahun 2013.