PSSI dan PT LIB Tak Boleh Terlena! Menpora Pastikan Lanjutan Liga 1 Indonesia 2022 Masih Terus Dievaluasi
Liga 1 2022/2023 resmi kembali dilanjutkan. (Foto: Instagram/@liga1match)

Bagikan:

JAKARTA – Kompetisi Liga 1 2022/2023 resmi kembali bergulir setelah vakum sejak 1 Oktober. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan, pemerintah akan terus mengevaluasi jalannya lanjutan kompetisi. 

Kasta tertinggi nasional bergulir kembali pada Senin, 5 Desember setelah vakum sejak terjadinya Tragedi Kanjuruhan. Liga bisa dilanjutkan setelah ada izin dari pemerintah dan kepolisian.

”Dalam perjalanannya tentu akan ada evaluasi-evaluasi dengan pemerintah dan pihak Polri. Jadi, sekarang maju dulu dan jalan dulu dan kami akan evaluasi. Bisa saja ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan lain sebagainya,” ujar Amali dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Senin, 5 Desember.

Sistem kompetisi akan berlanjut dengan menggunakan sistem gelembung (bubble) di Jawa Tengah. Total ada lima stadion yang digunakan sebagai venue pertandingan.

Kelima stadion yang dipakai tersebut adalah Stadion Sultan Agung di Bantul, Stadion Maguwoharjo di Sleman, Stadion M. Soebroto di Magelang, Stadion Manahan di Solo, dan lokasi terakhir adalah Stadion Jatidiri di Semarang.

Selain itu, Menpora juga menjelaskan alasan pentingnya kompetisi Liga 1 Indonesia kembali diberi izin bergulir. Salah satunya adalah demi kepentingan tim nasional Indonesia yang akan menghadapi beberapa agenda penting bulan ini dan tahun depan.

Agenda terdekat adalah Piala AFF yang mulai berlangsung 20 Desember mendatang. Sementara itu, agenda besar tahun depan adalah Piala Dunia U-20.

"Supaya mereka mendapatkan atmosfer berkompetisi,” ujar sosok kelahiran Gorontalo tersebut, seperti dalam tayangan YouTube.

Total ada empat pertandingan yang menandai kembalinya kasta tertinggi Indonesia hari ini. Keempat laga yang dimaksud adalah Bhayangkara FC vs PSS Sleman, Madura United vs PSIS Semarang, PSM Makassar vs Persikabo 1973, dan Persita Tangerang vs Bali United.

Saat ini PSM masih menduduki posisi teratas klasemen sementara dengan koleksi 25 poin atau unggul dua poin dari Borneo di posisi kedua. Mereka naik ke puncak setelah mengantongi tiga angka melawan Persikabo.