Hari Ini! Satu Langkah Penting Buat Kompetisi Liga 1 Bergulir Kembali
Menpora Zainudin Amali memimpin rakor kelanjutan kompetisi Liga 1 yang diikuti PSSI, PT LIB dan stakeholder sepak bola nasional lainnya. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi Liga 1 2022/2023 saat ini masih terhenti. Ini imbas dari Tragedi Kanjuruhan Malang yang menelan banyak korban jiwa, 1 Oktober lalu.

Saat ini, semua stakeholder sepak bola nasional tengah berusaha agar kompetisi bergengsi di Indonesia itu bisa bergulir lagi. Sejumlah langkah telah diambil agar liga kembali berjalan.

Pada Senin, 28 November, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar rapat koordinasi untuk membahas penyelenggaraan kompetisi Liga Indonesia. Rakor ini dipimpin langsung Menpora Zainudin Amali.

Dalam rakor ini hadir sejumlah pihak yang berkepentingan. Mulai dari PSSI, PT Liga Indonesia, klub, Polri dan sejumlah kementerian terkait.

Hasilnya, semua sepakat agar kompetisi bisa bergulir kembali.

"Tidak bisa pemain hanya latihan jangka panjang dan melakukan latih tanding. Pemain butuh kompetisi. Untuk itu kita menginginkan kompetisi Liga 1 segera bergulir," kata Menpora, dalam laman resmi PSSI, Senin, 28 November.

Menpora mengatakan, tinggal butuh satu langkah lagi agar PT LIB bisa menggulirkan kembali roda kompetisi. Kini tinggal menunggu hasil rakor yang digelar kepolisian.

Rakor ini akan digelar pada Selasa, 29 November. Polri akan mengundang PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi.

"Masih ada satu tahapan lagi, Polri akan mengundang PSSI dan PT LIB untuk merumuskan terakhir seperti apa. Dari situ Polri akan memutuskan apakah kompetisi boleh lanjut atau tidak, Polri butuh rapat satu kali lagi untuk membahas pengamanan," pungkas Menpora Amali.