PSSI Ngotot Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Bergulir Segera demi Timnas U-19, Menpora Mendukung
Kompetisi Liga 1. (Dok. Liga Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih berharap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 tetap bergulir. Hal ini berkaitan dengan persiapan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Sebelumnya, pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong, menyebut kompetisi sangat penting dalam road map menuju Piala Dunia U-20. Sementara menurut PSSI, kompetisi nantinya bermuara ke timnas Indonesia.

"Dengan kompetisi, pemain juga bisa merasakan atmosfer sesungguhnya dalam suatu pertandingan," ujar Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan.

Ketum PSSI meyakinkan, pihaknya sudah memiliki panduan protokol kesehatan yang ketat dan sudah dibukukan. Jadi, penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dipastikan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Keinginan PSSI untuk segera menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali. Dia menyakini, PSSI sudah melakukan persiapan yang baik untuk menggelar kompetisi di tengah pandemi.

"Kompetisi harus segera diputar. Kompetisi dibutuhkan untuk perkembangan pemain agar siap di Piala Dunia," tutur Menpora.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebenarnya sudah mengumumkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan digelar pada November mendatang. Namun, belum ada kepastian, karena hingga saat ini belum ada izin dari pihak kepolisian.

Jika pada November 2020 kompetisi sepak bola nasional belum juga bisa bergulir, PSSI akan mengambil opsi selanjutnya. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan dihelat pada Desember 2020.