SUGBK Tak Bisa Dipakai untuk Piala AFF tapi Jadi Tempat Kegiatan Politik, Menpora Berkilah: Renovasi Belum Dimulai
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, beri penjelasan terkait polemik penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ini tak lepas dari penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan relawan Jokowi pada Sabtu, 26 November, yang bertajuk "Nusantara Bersatu".

Kegiatan itu berlangsung di Stadion GBK. Hal ini membuat warganet melayangkan kecaman ke pemerintah.

Pasalnya, sempat ada pernyataan SUGBK tak bisa digunakan selama persiapan Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, PSSI yang hendak memakai stadion kebanggaan Indonesia itu untuk Piala AFF 2023, terpaksa harus mencari stadion alternatif.

Menanggapi hal ini, Menpora mengatakan, SUGBK masih bisa digunakaan saat ini karena renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 belum dimulai.

"Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu," kata Menpora di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin, 28 November.

Pria asal Gorontalo itu kemudian mengklarifikasi pernyataannya pada beberapa waktu lalu. Kala itu dia menyebut Stadion GBK, Jakarta, tidak boleh digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 usai pada 2023.

Menurut Amali, pernyataannya pada 2 November 2022 itu menyebutkan kondisi jika GBK telah memasuki masa renovasi.

"Apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada (konser) Blackpink dan lain-lain. Saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai. Renovasi itu ditandai oleh tim dari (Kementerian PUPR) PUPR masuk ke GBK, ke Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, Stadion Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang," ujarnya.

Menurut Menpora, renovasi stadion sepak bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 akan dimulai pada Desember 2022.

Diberitakan sebelumnya, berbagai kelompok relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan orang pada Sabtu lalu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Penggunaan GBK oleh ribuan relawan tersebut memunculkan pertanyaan.

Pasalnya, Menpora pernah memberikan pernyataan stadion kebanggaan Indonesia itu tak boleh digunakan, bahkan untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2023. Itu karena SUGBK akan dipersiapkan menjelang Piala Dunia U-20.