Opsi Kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, PSSI Ajukan Stadion Pakansari dan JIS
JIS (Instagram @jakintstadium)

Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Piala AFF 2022 akan berlangsung pada Desember mendatang. Namun, timnas Indonesia masih belum menentukan stadion yang akan digunakan untuk menjadi kandang. Soal ini, PSSI mengajukan Stadion Pakansari dan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai kandidat kuat.

Dua nama stadion yang jadi kandidat kandang timnas Indonesia itu diungkap oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Katanya, pihak federasi sudah memiliki sejumlah rencana terkait kandang yang akan digunakan di Piala AFF 2022.

“Kemarin kita ajukan dua tempat di (Stadion) Pakansari dan JIS," ujar Mochamad Iriawan dalam keterangan tertulis yang diterima VOI pada Selasa, 8 November.

Terkait tempat yang akan digunakan menjadi kandang timnas Indonesia, hal tersebut sempat menemui kebuntuan. Pasalnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak bisa digunakan saat Piala AFF 2022.

Hal itu dikarenakan SUGBK harus steril jelang jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun begitu, Iriawan menyebut ada peluang Timnas untuk bermain di SUGBK saat Piala AFF 2022.

“GBK update terakhir Desember masih bisa dipakai. Kalau bisa di GBK, ya GBK. Kalau tidak ya JIS. Kalau itu tidak bisa juga, ya Pakansari," ucap Ketum yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Nanti kita akan dikomunikasikan (ke Menpora) bisa atau tidaknya. Ya kalau tidak bisa, kita cari lagi," lanjutnya.

Piala AFF 2022 akan berlangsung mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Format kompetisi ini menggunakan sistem home-away.

Untuk Piala AFF 2022, timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam yang jadi pemenang babak playoff.