Timnas Prancis Lepas dari Kutukan Sang Juara Bertahan, Ini Kata Didier Deschamps
Timnas Prancis lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FrenchTeam)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Ini membuat Les Bleus mematahkan kutukan sang juara bertahan.

Perlu diketahui, pada gelaran tiga Piala Dunia sebelumnya, sang juara bertahan selalu gugur di penyisihan grup. Diawali Italia, juara Piala Dunia 2006 yang tersingkir di babak awal pada 2010.

Lalu ada Spanyol yang tersingkir di babak awal Piala Dunia 2014 setelah juara pada edisi sebelumnya. Sedangkan Jerman terdepak dari fase grup Piala Dunia 2018 setelah juara di tahun 2014.

Prancis akhirnya memutus rantai kutukan tersebut. "Saya harus berterima kasih kepada semua orang yang memberi tahu soal ini kepada saya," kata pelatih Les Bleus, Didier Deschamps, seperti dikutip Antara via AFP, Minggu, 27 November 2022.

Sempat muncul kekhawatiran Prancis bakal bernasib sama. Apalagi skuad mereka tergerus dengan sejumlah pemain pilar mengalami cedera.

Namun, Deschamps tak pernah merasa khawatir. Dia menyebut, timnya tak pernah terbawa suasana dan tetap fokus dalam menjalani pertandingan.

"Apa yang sudah kami lakukan sejauh ini sangat bagus. Ada kekuatan kolektif yang menonjol, dan itu bisa Anda lihat di lapangan," ujar Deschamps.

"Kami akan membutuhkan hal itu lagi nanti," pungkasnya.