Didier Deschamps di Ambang Sejarah Setelah Prancis Pupuskan Mimpi Maroko ke Final Piala Dunia 2022
Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps. (Foto: Instagram.com/@equipedefrace)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Prancis berhasil merebut tiket ke final Piala Dunia 2022. Les Bleus selangkah lagi mempertahankan gelar juara yang mereka raih di edisi sebelumnya

Ini jadi final kedua Les Bleus secara beruntun setelah Piala Dunia 2018. Capaian ini menjadi catatan tersendiri buat Hugo Lloris dan kawan kawan.

Prancis jadi tim pertama yang melangkah ke final dua kali beruntun sejak Brasil pada 1998 dan 2002. Les Bleus juga menjadi tim Eropa pertama yang melakukannya sejak Jerman pada 1986 dan 1990 silam.

Jika sukses mempertahankan gelar juara, Prancis akan menyamai catatan Italia pada 1934-1938 dan Brasil pada 1958-1962 silam. Itu tandanya sejarah bakal diukir sang pelatih, Didier Deschamps.

Jika Deschamps berhasil mengawal Prancis juara tahun ini ia bakal menyamai rekor Vittorio Pozzo dari Italia sebagai pelatih yang memenangi Piala Dunia berturut-turut.

Sejauh ini Deschamp sudah menyamai catatan Vittorio Pozzo (Italia), Carlos Bilardo (Argentina), dan Franz Beckenbauer (Jerman) sebagai pelatih yang membawa tim ke final dalam dua edisi berturut-turut.

Pada partai final, Prancis akan berhadapan dengan tim favorit juara lainnya, Argentina. Tim dari Amerika Selatan itu melangkah me final setelah menyudahi perjuangan Kroasia.