Piala Dunia 2022: Patuk Singa Atlas 2-0, Tim Ayam Jantan Tantang Argentina di Final
Theo Hernandez (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Prancis sukses mengalahkan Maroko dalam laga semifinal kedua Piala Dunia 2022 yang dihelat di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Kamis dini hari WIB. Les Bleus menang 2-0 lewat gol Theo Hernandez dan Randa Kolo Muani.

Dalam laga ini, Prancis melakukan dua perubahan pada starting line-up mereka. Adrien Rabiot dan Dayot Upamecano dipastikan absen membela Les Bleus dalam pertandingan ini karena sakit, sedangkan Youssouf Fofana bermain menggantikan Rabiot di lini tengah yang sejauh ini telah tampil dalam lima pertandingan Prancis.

Ibrahima Konate menggantikan Upamecano sebagai rekan Raphael Varane di jantung pertahanan Prancis, namun nama Upamecano masih masuk daftar pemain yang duduk di bangku cadangan. Selebihnya, Didier Deschamps menurunkan pemain yang sama seperti saat melawan Inggris dalam perempat final.

Sementara itu, Maroko yang menjadi tim Afrika pertama dan tim Arab pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia, memasang duo bek tengah Nayef Aguerd dan Noussair Mazraoui setelah mereka pulih dari masalah cedera yang membuat mereka absen saat menang 1-0 atas Portugal dalam perempat final.

Pelatih Maroko Walid Reragui memilih formasi tiga bek tengah, dengan kapten Romain Saiss dipastikan bermain sejak awal setelah mengalami cedera saat melawan Portugal. Gelandang Selim Amallah dan full-back Yahya Attiat-Allah kali ini duduk di bangku cadangan.

Pada babak pertama, Prancis memperagakan permainan menyerang sejak awal yang membuat Maroko kecolongan oleh gol cepat Theo Hernandez. Pada menit kelima, bek kiri AC Milan itu sukses memanfaatkan kepanikan para pemain bertahan Maroko yang terlalu fokus pada Olivier Giroud. Tim asuhan Didier Deschamps memimpin satu bola.

Tim Singa Atlas keluar menyerang dan mencoba membalas melalui Azzedine Ounahi usai menerima umpan Noussair Mazraoui dari luar kotak penalti. Tapi, upayanya masih gagal. Bola berhasil dijinakkan Hugo Lloris.

Sekarang giliran Achraf Hakimi. Bintang Paris Saint-Germain itu mendapat peluang melalui tendangan bebas. Sayangnya, lagi-lagi belum berhasil membuahkan hasil. Upaya Hakim Ziyech yang menerima umpan Sofiane Boufal pada menit 16 juga hanya menyamping ke sisi kanan gawang kiper klub Tottenham Hotspur.  

Giroud nyaris memperlebar selisih gol setelah tendangan kaki kirinya hanya menghasilkan woodwork alias membentur tiang gawang. Kemudian tendangan kaki kanan Raphael Varane dari dalam kotak penalti juga masih melebar ke kanan gawang Maroko yang dikawal Yassine Bounou.

Anak asuhan Walid Reragu unggul penguasaan bola 56 persen berbanding 44 persen milik Prancis. Tapi, skor 1-0 untuk keunggulan Prancis bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua, Prancis langsung mengambil inisiatif menyerang. Kylian Mbappe berkali-kali merepotkan lini pertahanan Maroko di mana pada satu momen Sofyan Amrabat menjatuhkan bintang PSG itu di tepi kotak penalti. Tapi, wasit menolak untuk memberi tendangan bebas buat Les Bleus.

Maroko membalas pada menit 53 dengan melakukan serangan bertubi-tubi  ke gawang Lloris. Lagi-lagi, upaya mereka masih belum membuahkan hasil. 

Keasyikan menyerang, Singa Atlas harus menderita setelah Randal Kolo Muani mencetak gol hanya 44 detik setelah masuk menggantikan Ousmane Dembele. Menerima umpan Mbappe di mulut gawang, striker Eintracht Frankfurt merobek gawang Bono tanpa ampun. Prancis memimpin 2-0.

Tak ada gol tambahan yang tercipta pada sisa menit permainan. Prancis dipastikan ke final dan akan meladeni Argentina yang menghajar Kroasia tiga gol tanpa balas pada laga sebelumnya.

Ini adalah duel ulangan babak 16 besar Piala Dunia empat tahun lalu di Rusia di mana saat itu Les Bleus mempecundangi Albiceleste 4-3.

Susunan Pemain:

Prancis (4-3-3): Hugo Lloris (kapten); Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe

Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Maroko (3-4-3): Yassine Bounou; Jawad El Yamiq, Romain Saiss (kapten), Nayef Aguerd; Achraf Hakimi, Sofyan Amrabat, Azzedine Ounahi, Noussair Mazraoui; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal

Pelatih: Walid Reragui (Maroko)