Menteri PUPR Bantah Pernyataan Menpora soal SUGBK: Tak Perlu Renovasi, kecuali Ada Akibat dari Kegiatan Relawan Jokowi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto via Antara/Indra Arief Pribadi)

Bagikan:

JAKARTA - Penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi polemik. Publik mengkritisi pemakaian venue Piala Dunia U-20 2023 itu untuk kegiatan relawan Jokowi pada Sabtu, 26 November, yang bertajuk "Nusantara Bersatu".

Padahal, pemerintah, melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, pernah menyatakan SUGBK tak bisa digunakan selama persiapan Piala Dunia U-20 2023. Bahkan, PSSI tak bisa memakai stadion kebanggaan Indonesia tersebut untuk jadi kandang Piala AFF 2023.

Menpora sudah memberikan penjelasan terkait ini. Dia menyatakan, SUGBK masih bisa digunakaan saat ini karena renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 belum dimulai.

"Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu," kata Menpora di Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin, 28 November.

Menariknya, hal ini dibantah Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Dia mengatakan tidak ada rencana renovasi untuk SUGBK menjelang Piala Dunia U-20 2023.

“GBK tak ada renovasinya. Yang ada untuk stadion-stadion lainnya, bukan untuk GBK,” kata Basuki yang juga dilansir dari Antara.

Basuki mengatakan, Kementerian PUPR hanya mencanangkan renovasi untuk stadion-stadion lainnya seperti Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Surakarta, Stadion Wayan Dipta Bali dan lainnya.

"Oh enggak, enggak ada programnya (renovasi GBK). Yang lain itu," jelas Basuki.

"Ya kecuali nanti kalau ada akibat dari kemarin (acara relawan Jokowi Nusantara Bersatu) ya mungkin (renovasi GBK). Tapi yang selama ini yang kita survei yang di luar, yang Jakabaring, Manahan, Wayan Dipta, Jalak Harupat. GBK tidak ada," lanjutnya.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 2023 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni. Ada enam stadion yang dipersiapkan untuk jadi venue pertandingan.

Berikut ini enam venue Piala Dunia U-20 2023 Indonesia: Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).