Menpora akan Diskusi dengan Kapolri Terkait Izin Lanjutan Liga 1 Indonesia
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan akan berdiskusi dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk mendapatkan izin keramaian terkait dengan rencana lanjutan Liga 1 Indonesia. Hal itu disampaikan Menpora usai melakukan pertemuan dengan operator kompetisi Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) di Gedung Kemenpora, Jumat, 18 November.

"Saya akan berdiskusi dengan Kapolri karena Polri yang mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian,” kata Menpora dikutip Antara, Jumat, 18 November.

Pertemuan Menpora dengan operator liga itu juga membahas seputar pentingnya kelanjutan liga demi kepentingan tim nasional Indonesia. Poin penting dalam pertemuan inilah yang akan dibawa oleh Menpora saat bertemu dengan Kapolri nanti.

Liga 1, 2, dan 3 dinilai perlu bergulir lagi agar pemain nasional terbaik dapat terus mengasah kemampuannya. Pasalnya, Indonesia akan menghadapi sejumlah turnamen besar seperti Piala AFF 2022, Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023 dan, tentu saja, Piala Dunia U-20 2023.

”Pemerintah sangat memahami apa yang disampaikan oleh LIB. Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong ingin para pemain terjaga performanya. Kami akan mengusahakan bagaimana kompetisi ini bisa berjalan kembali tentu dengan perubahan-perubahan yang mendasar,” kata Menpora.

Sementara itu, Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus menegaskan, saat ini pihaknya terus berusaha bergerak cepat demi melanjutkan kembali Liga 1. Kompetisi ini berhenti sejak awal Oktober 2022 setelah terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Untuk bisa melanjutkan kompetisi, LIB juga sudah membuat beberapa simulasi terkait lanjutan Liga 1. Namun, sampai saat ini belum dapat dipastikan kapan kompetisi itu bergulir lagi.

"Dimulainya kembali liga berhubungan dengan beberapa hal termasuk regulasi keamanan stadion, sehingga diperlukan pendalaman serius dan ketat," tutur Ferry.

Selain itu, LIB juga belum menentukan format Liga 1. Untuk saat ini ada dua opsi yang bisa menjadi pilihan, yakni format kandang-tandang seperti biasa atau kembali ke gelembung (bubble) seperti pada musim 2021/2022, tetapi itu semua tergantung pada lampu hijau dari pemerintah.

Sebelumnya LIB punya tiga jadwal dalam rencana mereka untuk kelanjutan Liga 1 Indonesia. Ketiga jadwal itu adalah akan 18 November, 25 November, dan 2 Desember 2022. Namun, saat ini operator lebih condong memilih 2 Desember 2022 sebagai tanggal pelaksanaan kembali Liga 1 Indonesia 2022-2023.