Izin Liga 1 2021-2022 Sudah Keluar Sejak Mei, Tapi Tunggu Rekomendasi Satgas COVID-19
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyatakan izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2021-2022 sebetulnya telah dikeluarkan sejak 25 Mei lalu. Tapi, masih menunggu rekomendasi Satgas COVID-19.

"Benar, izin telah di keluarkan sejak tanggal 25 Mei lalu," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Jumat, 13 Agustus.

Rekomendasi Satgas COVID-19 sangat dibutuhkan karena situasi saat ini masih dalam masa pandemi. Terlebih adanya kenaikan kasus positif harian di wilayah Jawa-Bali sehingga pemerintah melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang menjadi tempat pelaksanaan kompetisi sepak bola Indonesia tersebut.

Sebelumnya, Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops Kapolri) Irjen Iman Sugianto mengatakan izin Liga 1 menunggu rekomendasi dari Satgas COVID-19.

Menurut dia, apabila izin sudah disetujui oleh Satgas COVID-19, maka Polri tidak memiliki alasan untuk untuk menahan izin Liga 1 yang berlangsung di tengah pandemi.

"Polri prinsipnya menunggu konfirmasi Satgas COVID-19, karena harus ada rekomendasi. Yang kedua, terkait dengan wilayah ketempatan. Nanti Satgas COVID-19 merekomendasikan seperti apa. Kalau itu sudah oke, Polri tidak ada alasan untuk tidak membantu mengeluarkan (izin)," kata Imam, Rabu, 4 Agustus.

Menpora Zainudin Amali menyatakan bahwa Liga 1 dimulai 27 Agustus 2021.

Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan digelar mulai 27 Agustus 2021 hingga Maret 2022.

Format pelaksanaan Liga 1 2021-2022 tidak berubah dari rencana semula, yaitu digelar dalam enam seri dengan pertandingan berlangsung di tiga klaster wilayah Pulau Jawa.

Klaster pertama meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Klaster kedua yaitu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, lalu klaster ketiga di Jawa Timur.

Setelah kepastian Liga 1, berikutnya PSSI dan LIB akan menggulirkan Liga 2. Akan tetapi, waktu pelaksanaan dan teknis penyelenggaraannya akan dipastikan dalam waktu dekat.