Raul Rosas Jr. akan Bertarung di UFC dengan Lisensi Khusus Anak di Bawah Umur
Seniman beladiri campuran (MMA) asal Meksiko Raul Rosas Jr. (Foto: Twitter @MMAFighting)

Bagikan:

JAKARTA - Seniman beladiri campuran (MMA) asal Meksiko Raul Rosas Jr akan bertarung di UFC meskipun baru berusia 17 tahun. Dia bertarung dengan lisensi khusus anak di bawah umur.

Meski hampir sudah bisa mengkonsumsi alkohol secara legal dan mengurus surat izin mengemudi (SIM), namun ia perlu izin otoritas hukum untuk bisa berduel di octagon.

"Saya berusia 15 tahun ketika saya memulai karir amatir saya," kata Rosas baru-baru ini dalam sebuah wawancara dengan MMA Junkie yang dikutip Marca.

"Karena itu di wilayah India, sebagian besar tergantung pada promotor. Kami akhirnya meyakinkannya dan dia akhirnya memberi saya kesempatan untuk bertarung," lanjut Rosas.

Dalam sejarah olahraga bela diri campuran, tidak pernah terdengar seorang remaja berusia 17 tahun bertarung secara profesional di UFC. Namun, pengecualian dengan Rosas yang sangat akrab dengan olahraga itu.

Ia tercatat pernah mengalahkan petarung dewasa selama memungkinkan secara fisik. Pencapaiannya itu mengubah aturan tidak tertulis di Meksiko ihwal apa yang 'anak' bisa capai di MMA.

"Kemudian pertarungan amatir saya yang lain saat saya berusia 16 tahun. Kemudian, saya melakukan debut profesional saya ketika saya berusia 17 tahun," katanya.

"Saya melawan orang-orang yang berusia 30-an. Petarung tertua yang saya lawan adalah 33 tahun atau 34 tahun, yang termuda berusia 25 atau 26 tahun," ia menambahkan.

Rosas dan timnya harus melalui banyak rintangan untuk mendapatkan persetujuan lisan dari pejabat pemerintah. Mereka harus mengajukan permohonan lisensi khusus dengan persetujuan sponsor dan orang tuanya.

"Komisi sudah menyetujuinya. Saya sudah meneken semua dokumen. Yang harus saya lakukan hanyalah notaris. Teman saya menandatangani itu. Itu satu-satunya hal yang harus saya lakukan," ujar dia.

Rosas sejauh ini mencatatkan rekor 5-0 sejak menjadi profesional. Semua kemenangan yang ia peroleh itu membuat keraguan terhadap dirinya untuk duel di UFC pun luntur.

Rosas menegaskan mereka yang meragukan dirinya adalah mereka yang tidak menyadari bahwa dia tidak seperti anak-anak berusia 17 tahun umumnya.

"Menurut saya, orang-orang itu tidak tahu banyak tentang pertarungan. Mereka hanya melihat seorang anak berusia 17 tahun," kata dia.

"Saya berbeda dari (anak berusia) 17 tahun (lainnya). Ketika mereka berada di pesta, ketika mereka sedang liburan musim panas, saya berada di gim, bekerja keras," tambah dia.

"Sejak kecil, saya tahu apa yang saya inginkan. Saya tahu apa yang saya inginkan dan saya harus mendapatkannya. Kepada yang ragu, saya tidak terlalu peduli. Mereka bisa mengatakan apa pun yang mereka inginkan," tutup dia.