Kisah Pemain Baru Wolves Matheus Nunes, Pernah Bekerja di Toko Roti Keluarga sebelum Pecahkan Rekor Transfer
Matheus Nunes (Instagram @matheusnunes73)

Bagikan:

JAKARTA — Pemain anyar Wolverhampton Wanderers Matheus Nunes ternyata pernah bekerja di toko roti keluarganya sebelum memecahkan rekor transfer klub Inggris itu.

Nunes, 23, pindah dari klub raksasa Portugal Sporting Lisbon menuju Wolves dengan mahar 42 juta poundsterling atau Rp748 miliar.

Angka itu melewati rekor sebelumnya yang dipegang Fabio Silva saat didatangkan dari Porto senilai 35 juta poundsterling.

Namun, siapa yang nyana kalau tiga tahun yang lalu Nunes membantu ekonomi keluarganya dengan bekerja sebagai pelayan di toko roti Pão da Vila milik keluarganya di Ericeira, dekat Lisbon.

Ini merupakan perjalanan yang luar biasa bagi talenta yang berasal dari Rio, Brasil, itu yang pindah ke Portugal bersama ibu dan ayah tirinya pada usia 13 tahun.

Adapun ayah biologisnya sama sekali tidak menjadi bagian penting dari hidupnya yang getir. Ia tumbuh dan besar bersama ibunya Catia yang membesarkannya dan melalui masa kecil yang sulit.

"Kadang-kadang kami tidak punya apa-apa untuk dimakan meskipun ibu saya tidak pernah berhenti bekerja," kata Nunes kepada surat kabar Portugal, Record, tahun lalu.

"Dia adalah seorang pejuang yang menanamkan dalam diri saya cinta sepak bola. Dengan dia saya mendapat sentuhan pertama saya," imbuhnya.

Kehidupan di Brasil yang serba sulit membuat keluarga kecil ini pergi ke kota tepi laut Ericeira untuk mencari kehidupan baru. Di sanalah mereka memulai usaha dengan membuka toko di atas.

Nunes membantu di toko itu setidaknya selama lima atau enam bulan sembari menempa karier sepak bolanya. Ia bekerja pagi dan harus mengikuti pertandingan pada petang hari.

"Saya akan berdiri selama lima, kadang-kadang enam jam berdiri dan berlatih setelah itu tidak mudah. Saya tidak memiliki SIM dan bangun jam 5 pagi untuk pergi bekerja dengan sepeda," ujar dia.

Nunes mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung ke tim lokal Ericeirense di kasta terbawah kompetisi liga di Portugal. Di klub itulah ia mulai belajar bermain seperti panutannya Ronaldinho.

Di tahun 2018 Nunes bergabung dengan Estoril dan bermain dengan tim U-23 klub itu. Bakatnya yang menonjol membuat Sporting mendatangkannya di Januari 2019 dengan durasi kontrak lima tahun.

Sejak itu klub elite Eropa mulai memantau Nunes, termasuk Chelsea yang sempat dikaitkan. Musim panas ini Liverpool juga kabarnya ingin mendatangkan sang pemain ke Anfield sebelum keduluan oleh Wolves.