Bagikan:

JAKARTA - Striker Erling Haaland menyelamatkan Manchester City setelah mencetak satu-satunya gol yang membawa tim menang 1-0 atas Southampton di pertandingan Premier League Inggris. Kemenangan dalam duel di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu, 26 Oktober 2024 malam WIB ini menjadikan Man City merebut kembali takhta klasemen.

Persaingan memperebutkan posisi teratas sudah berlangsung sengit saat kompetisi memasuki pekan ke-sembilan. Liverpool yang kembali menguasai takhta klasemen terpaksa lengser. Man City merebut kembali posisi puncak setelah menang tipis atas Soton.

Sebelumnya, The Cityzens juga sudah melakukannya saat menang 2-1 atas Wolverhampton Wanderers. Namun Liverpool kemudian merebutnya setelah mengatasi perlawanan Chelsea 2-1.

Kini, Man City berharap Liverpool tergelincir saat menghadapi lawan berat berikutnya, Arsenal. Laga besar di digelar di kandang Arsenal di Stadion Emirates, Minggu, 27 Oktober 2024 malam WIB.

Bila kehilangan poin, Liverpool sudah pasti gagal menggeser Man City. Pasalnya, tim asuhan Pep Guardiola yang sudah mengantungi poin 23 dari kemenangan atas Soton ini menjadikan mereka unggul dua poin dari Liverpool.

Sementara, Soton kian terpuruk di zona degradasi. Bahkan The Saint yang mengantungi satu poin turun peringkat dan kini terdampar di dasar klasemen. Wolves berhasil naik satu strip setelah bermain imbang 2-2 melawan Brighton and Hove Albion.

Kemenangan atas Soton juga menjadikan Man City mencatat rekor tak pernah kalah di Etihad selama dua tahun terakhir. Selama 35 pertandingan di kompetisi domestik, mereka belum sekalipun kalah.

Di laga itu, Man City tidak diperkuat Jack Grealish dan Jeremy Doku sehingga Guardiola harus mengubah komposisi pemain dibandingkan saat menghancurkan Sparta Praha 5-0 di Liga Champions. Ada empat pergantian pemain yang dilakukan Guardiola.

Meski demikian, Man City tetap cukup mampu mengatasi Soton. Pertandingan baru berjalan lima menit, Man City sudah unggul lewat Haaland. Penyerang timnas Norwegia yang mencetak gol secara akrobatik di laga melawan Sparta ini sukses menyambut umpan silang Matheus Nunes.

Haaland sempat mendapat pengawalan ketat dan berebut bola dengan bek Jan Bednarek. Namun kekuatan fisik menjadikan Haaand memenangkan duel itu dan membobol gawang Aaron Ramsdale. Ini merupakan gol ke-14 dari striker berusia 24 ini di berbagai kompetisi.

Tertinggal 1-0, Soton sempat bangkit dan mencoba melakukan serangan balasan. Striker Cameron Archer sempat mendapat peluang bagus untuk menyamakan skor menjelang akhir babak pertama. Namun tendangan kerasnya mash membentur tiang gawang.

Di babak kedua, Man City meningkatkan tekanan. Hanya saja, usaha mereka tak pernah membuahkan hasil. Haaland, tercatat, membuang sejumlah peluang. Termasuk sepakan dari jarak dekat yang masih melebar. Bahkan dia sampai memegang kepala seakan tak percaya peluang itu gagal dikonversi jadi gol.

Skor 1-0 Man City bertahan hingga akhir laga. Juara bertahan Liga Inggris ini pun merebut singgasana klasemen setelah memetik kemenangan ketujuh tanpa pernah kalah.