Arsenal di Puncak Klasemen, Tetapi Man City Favorit Juara Liga Inggris
Bek Manchester City Josko Gvardiol merayakan gol yang membuka kemenangan 2-0 atas Nottingham Forest. (X/@ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City ketat membayangi pimpinan klasemen Arsenal dalam perburuan titel Premier League Inggris. Kemenangan Man 2-0 City atas Nottingham Forest dalam duel di Stadion The City Ground, Minggu, 28 April 2024 malam WIB, menempatkan mereka sebagai favorit juara.

Man City tetap menempati peringkat dua usai meraih kemenangan penting atas Forest. Hanya, mereka tetap menjadi favorit memenangkan gelar liga sekaligus menciptakan rekor juara empat kali berturut-turut.

Kemenangan di pertandingan melawan Forest menjadikan Man City mengantungi poin 79.

Mereka hanya terpaut satu poin dengan Arsenal yang masih menduduki takhta klasemen setelah menang 3-2 atas Tottenham Hotspur dalam The North London Derby.

Namun Man City masih menyimpan satu pertandingan. Ini yang menjadikan The Cityzens sebagai favorit juara karena nasib mereka berada di tangan sendiri.

Berbeda dengan Arsenal yang berharap Man City terpeleset alias gagal meraih poin sehingga posisi The Gunners di puncak klasemen tetap aman.

Persoalannya, Man City menghadapi lawan ringan saat menyelesaikan empat pertandingan terakhir.

Lawan terberat hanya Tottenham yang menjamu Man City pada 15 Mei 2024 dini hari WIB. Sedangkan tiga laga lainya, Man City bertemu Wolverhamton Wanderers, Fulham dan West Ham United.

Sementara, Arsenal masih harus menyambangi Old Trafford menghadapi tuan rumah Manchester United dan kemudian bertemu Everton yang bakal bermain habis-habisan demi mengamankan posisi di Premier League.

Manajer Pep Guardiola menuturkan Man City tetap harus bekerja keras meski meraih kemenangan. Menurut dia ini juga tak berbeda seperti saat mereka menang besar 4-0 atas Brighton and Hove Albion.

"Ini lebih dari pertandingan yang berat. Kami tahu menghadapi pertandingan yang tidak mudah. Kami seperti merasa pertandingan melawan Brighton baru selesai beberapa jam lalu. Ini karena kami menjalani pertandingan yang tak mudah," ucap Guardiola.

Mantan pelatih Barcelona ini menilai pemain tidak merasakan tekanan setelah Arsenal memenangkan laga melawan Tottenham beberapa jam sebelumnya.

"Tekanan adalah bagaimana Anda bermain. Bila Anda bermain bagus dan mengontrol pertandingan, maka And tidak akan merasakan tekanan Bila Anda bermain buruk maka Anda dalam tekanan," kata dia lagi.

Di pertandingan itu, Man City harus bekerja keras menghadapi Forest yang butuh kemenangan demi menjauh dari zona degradasi.

Setelah serangan Man City berkali-kali gagal, bek Josko Gvardiol akhirnya memecah kebuntuan di menit 32. Skor 1-0 untuk Man City bertahan sampai turun minum.

Di baak kedua, Man City tetap menekan lawan. Hasilnya, striker Erling Haaland sukses memperbesar keunggulan di menit 71. Sundulan Penyerang timnas Norwegia yang absen pada dua pertandingan yang menyambut sepak pojok Kevin De Bruyne.

Gol itu menjadikan Haaland telah mengoleksi 21 gol sekaligus mengungguli striker Chelsea Cole Palmer. Haaland menjadi top skor liga dan disusul Palmer yang mengemas 20 gol.

Haaland pun menutup kemenangan Man City. Skor 2-0 untuk Man City bertahan sampai akhir pertandingan.