Sir Alex Ferguson <i>Comeback</i>, Kini Punya Posisi Resmi dalam Manajemen Manchester United
Ilustrasi Manchester United. (Foto: Twitter @ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Sir Alex Ferguson turun gunung. Dia kembali ke Manchester United untuk mengisi posisi resmi dalam manajemen klub.

Ferguson jelas tak menduduki posisi manajer lagi karena sudah ada Erik ten Hag. Dilansir beberapa media inggris, pria berusia 80 tahun itu dinobatkan sebagai anggota dewan Manchester United.

Chief executive Richard Arnold telah membentuk tim yang akan melibatkan Ferguson. Nantinya, tim itu akan memberi nasihat kepada manajemen Manchester United tentang masalah di klub.

Mantan kapten Bryan Robson, mantan CEO David Gill dan direktur sepak bola John Murtough juga terlibat, demikian menurut Daily Mail. Tim yang berisi lima orang itu diharapkan untuk bertemu secara teratur untuk membicarakan masalah di klub.

Ferguson bertemu dengan pimpinan United pada hari Selasa lalu, hari yang sama ketika Cristiano Ronaldo kembali ke Carrington untuk pertama kalinya sejak musim lalu.

Sang CEO memang sangat ingin melibatkan Ferguson dalam masalah di klub. Pria kelahiran Glasgow, Skotlandia itu dinilai sangat paham dengan klub setelah memenangi 38 trofi bersama Setan Merah, termasuk 13 gelar Premier League Inggris.

Gill juga kembali setelah sebelumnya menghabiskan satu dekade sebagai kepala eksekutif. Sementara Robson adalah salah satu pemain klub yang paling ikonik.

Namun, tim ini disinyalir tak akan membicarakan soal strategi tim atau pun soal perekrutan pemain. Mereka berusaha untuk tidak mengganggu pekerjaan direktur olahraga klub, Murtough.

Salah satu poin pembicaraan tim ini nantinya adalah bagaimana cara terbaik untuk membangun kembali Carrington dan Old Trafford. Hubungan klub dengan penggemar dilaporkan menjadi agenda lain.

Ferguson sebenarnya tak lepas dari Manchester United. Setelah mengundurkan diri pada 2013, dia masih terlibat dalam beberapa urusan klub namun sebagai direktur non-eksekutif dan sebagian besar hanya bersifat simbolis.