Ucapan Ratu Elizabeth II soal <i>Treble Winners</i> Manchester United Terbukti Hingga Saat Ini
Manchester United mengheningkan cipta untuk mendiang Ratu Elizabeth II. (Foto: Instagram.com/@manchesterunited)

Bagikan:

JAKARTA - Kepergian Ratu Elizabeth II membuat kenangan dan memori lama kembali hangat dibicarakan, termasuk bagi klub Inggris, Manchester United.

Pasalnya, Ratu Elizabeth II yang meninggal di usia 96 tahun tersebut, sempat ikut menyambut keberhasilan Manchester United meraih treble winners pada 1999.

Pada momen di masa itu, Ratu Elizabeth II sempat menyampaikan perkataan yang melegenda. Dia menyebut gelar treble winners yang diraih MU ketika itu mungkin tak bisa diulang klub-klub Inggris lainnya.

Dikutip dari Metro, Man United yang berada di bawah asuhan Sir Alex Ferguson berhasil menyabet gelar treble winners pada 1999. Pencapaian itu didapat usai MU berhasil menjadi juara di ajang Liga Champions Eropa serta menjuarai Liga Inggris dan Piala FA.

MU menjadi klub asal Inggris pertama mencatatkan tiga gelar dalam satu musim dan dinobatkan sebagai salah satu tim terbaik yang pernah dimiliki negara beribu kota London itu.

Treble winners Man United kala itu juga terasa manis karena saat tampil di final Liga Champions mereka berhasil mengalahkan wakil Jerman, Bayern Munchen, dengan dramatis.

Bukan cuma menjadi catatan manis untuk klub, treble winners itu juga membuat Sir Alex Ferguson menerima gelar ksatria di Istana Buckingham di tahun yang sama. Karena gelarnya itu, Sir Alex mendapat keistimewaan untuk bertemu Ratu Elizabeth.

Pada pertemuan itulah Ratu Elizabeth menyebut treble winners yang diraih Manchester United mungkin tak bisa diulangi oleh klub-klub Inggris lainnya.

"Ratu mengatakan kepada saya bahwa dia tidak berpikir itu (treble winners) akan pernah dicapai lagi dan dia benar," kata Sir Alex Ferguson saat itu.

“Puncak dari tiga trofi adalah puncak dari karir saya dan telah dihargai dengan gelar ksatria."

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi saya, keluarga saya, dan untuk klub karena ini adalah upaya tim,” beber Ferguson.

Manajer asal Skotlandia itu kemudian dianggap sebagai yang terhebat di Premier League era 90an. Tapi bukan cuma itu, ketika pensiun di tahun 2013, Ferguson juga tercatat telah mempersembahkan 13 trofi Premier League dari total 20 trofi yang dikoleksi MU.

Selain itu, Ferguson juga memberikan Manchester United dua gelar Liga Champions serta lima Piala FA. Musim 1998/99 sering disebut-sebut sebagai prestasi terbaiknya saat memimpin United.

Terkait ucapan melegenda Ratu Elizabeth II soal treble winners yang tak bisa diulang tim lain selain MU mungkin terbukti tepat. Sebab setidaknya, hingga penghujung usia sang ratu belum ada klub lain yang bisa mengulangi momen milik MU.