<i> Preview</i> Indonesia vs Nepal: Usaha Mengakhiri 15 Tahun Penantian
Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal di kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Usaha Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Asia sejak 2007 masih cukup berat. Kemenangan atas Nepal di laga terakhir penyisihan grup pun akan sangat krusial.

Skuad Garuda bertemu Nepal di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Rabu, 15 Juni pukul 02.15 dini hari WIB. Jika menang, skuad asuhan Shin Tae-yong pun harapan mengakhiri penantian selama 15 tahun.

Saat ini Indonesia masih menempati posisi kedua di grup dengan koleksi tiga poin. Perolehan angka itu didapat berkat kemenangan melawan Kuwait di pertandingan perdana dari dua laga yang sudah dimainkan.

Satu laga lain melawan Yordania, tim Shin Tae-yong gagal membawa pulang angka setelah ditekuk 1-0. Meski demikian, kans Indonesia untuk lolos masih tetap ada lewat jalur lima tim runner up terbaik.

Untuk bisa memperbesar kans sebagai predikat sebagai lima runner-up terbaik, Indonesia wajib menang melawan Nepal. Jika bisa mendapat tiga angka, Indonesia hampir pasti lolos ke putaran final tahun depan.

Namun, dengan catatan di laga lainnya Kuwait ditekuk atau imbang dengan Yordania dan Malaysia dan Filipina imbang atau kalah di laga terakhir.

Kalau skenario terburuk didapat Indonesia dengan hasil seri melawan Nepal, peluang pun masih tetap ada. Namun, Kuwait imbang atau kalah, sedangkan Malaysia kalah pada pertandingan terakhir.

Di atas kertas Indonesia seharusnya bisa menekuk Nepal yang sejauh ini belum mendapat poin sama sekali. Mereka selalu kalah di dua laga awal, melawan Yordania mereka menyerah 0-2, sedangkan melawan Kuwait mereka ditekuk dengan skor telak 4-1.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Nepal

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly.