Penantian 15 Tahun Timnas Indonesia di Piala Indonesia Berakhir, Ketum PSSI: Bukan karena Jasa Perorangan
Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Dok Situs resmi PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 dengan status salah satu runner up terbaik di babak kualifikasi. Ini mengakhiri penantian Timnas Indonesia selama 15 tahun tak pernah tampil di putaran final.

Tiket ke Piala Asia 2023 diraih setelah menang 7-0 atas Nepal. Di saat yang bersamaan, Kuwait menyerah dari Yordania.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dengan kesuksesan ini, termasuk pelatih Shin Tae-yong dan para pemain.

"Terima kasih kepada seluruh staf pelatih, pemain yang bermain luar biasa, suporter yang mendukung perjuangan pemain di Kuwait, doa semua warga negara Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Menurut Ketum PSSI, lolosnya Indonesia bukan karena jasa perorangan. "Tetapi karena kerja bersama-sama secara kolektif kolegial," tuturnya.

Sebelumnya, nama Ketum PSSI sempat disorot akibat viral tulisan yang muncul di situs resmi PSSI. Tulisan itu menyebut kesuksesan Timnas Indonesia pecahkan rekor 42 tahun berkat Iwan Bule.

Saat itu, Timnas Indonesia baru saja menang 2-1 atas Kuwait di laga kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan itu mengulangi sukses yang dibuat Tim Merah Putih 42 tahun lalu.

Tulisan itu membuat heboh media sosial yang isinya sebagian besar mengkritik sikap induk sepak bola nasional tersebut. Namun, Menpora Zainudin Amali menyebut, itu merupakan hal yang biasa dan tak perlu dipersoalkan.