Ketum PSSI dan Shin Tae-yong Segera Bicara Hati ke Hati, Sinyal Konflik Bakal Berakhir?
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (tengah) (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Polemik antara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya akan segera berakhir. Rencananya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan akan bicara kepada sang pelatih melalui virtual.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi mengatakan, Ketum PSSI akan berbicara empat mata pada Jumat, 26 Juni sore. Keduanya hanya akan ditemani penerjemah untuk membahas masalah yang ada.

"Ketua umum ingin bicara dari hati ke hati dengan Shin Tae-yong," ujar Yunus kepada media, Kamis kemarin.

Belum tahu apa yang bakal dibahas keduanya nanti. Namun, diyakini fokus utama adalah persiapan timnas Indonesia yang dihadapkan beberapa agenda penting ke depan.

Untuk diketahui, timnas Indonesia senior akan menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Oktober mendatang. Sementara timnas Indonesia U-19 bakal berlaga di Uzbekistan pada bulan yang sama. Tentunya, persiapan sudah harus dilakukan jauh-jauh hari demi mencapai hasil maksimal. 

Ketum PSSI tampaknya juga akan mengevaluasi program yang telah disusun Shin Tae-yong sebelumnya Pandemi COVID-19 membuat rencana yang telah disiapkan tak bisa berjalan sesuai dengan harapan. Termasuk keinginan Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan di luar negeri. 

"Ketua umum akan sabar dan berbesar hati untuk menerima serta mengakomodasi keinginan Shin Tae-yong. Shin memang hanya mau berbicara dengan ketua umum," ujar Yunus Nusi. 

Sebelum berbicara dengan Shin Tae-yong, Ketum PSSI Mochamad Iriawan diagendakan mengikuti rapat persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Dalam rapat ini, hadir pula Kementerian Pemuda dan Olahraga, Sekretariat Negara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.