Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Shin Tae-yong: Saya Yakin karena Kami Tumbuh dan Berkembang
Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkap perasaan bahagia lantaran tim asuhannya lolos ke Piala Asia 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, kunci kesuksesan kali ini adalah karena keyakinan dan juga kerja keras para pemain yang terus berkembang.

Skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023 setelah membantai telak Nepal 7-0 di Stadion Jaber Al-Ahmad pada Rabu dini hari. Kemenangan besar timnas di pertandingan ketiga Grup A itu membuat Fachruddin Aryanto dkk finis di posisi runner up Grup A dengan mengantongi enam poin.

Hasil ini membuat Indonesia meraih tiket ke putaran final Piala Asia dengan mengambil jatah satu dari lima runner up terbaik turnamen. Torehan ini menjadi kesuksesan yang berulang setelah terakhir kali lolos di tahun 2007 lalu.

Meski terakhir kali lolos pada 15 tahun silam, keyakinan Shin Tae-yong akan kemampuan timnya menjadi jalan pembuka yang cukup baik. Terlebih menurut sang pelatih, anak asuhnya terus menunjukkan perubahan positif yang membuat mereka akhirnya merengkuh hasil manis.

“Dari awal saya sangat yakin Indonesia bisa lolos kualifikasi Piala Asia setelah terakhir lolos 2007 sebagai tuan rumah. Dalam kualifikasi ini kami mampu tumbuh dan berkembang,” ucap sang pelatih usai pertandingan.

Setelah lolos, Shin Tae-yong kembali mengungkap optimisme tinggi terhadap timnya. Ia mengatakan Skuad Garuda bakal tampil lebih kuat di Piala Asia 2023 nanti.

“Kami siap tampil lebih kuat di turnamen yang akan datang," ucap Shin Tae Yong.

Shin Tae-yong kemudian juga membeberkan cara bagaimana bisa membawa Indonesia lolos dari babak Kualifikasi Piala Asia 2023 yaitu dengan menyusun perencanaan dalam merengkuh poin.

"Sebelum datang ke Kuwait, ada perencanaan yakni menang dua kali dan sekali imbang. Mengincar hasil imbang melawan Yordania. Rencana saya tinggi," pungkas sang pelatih.