Witan Sulaeman Ungkap Kunci Sukses Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2023
Witan Sulaeman (kiri) dalam laga melawan Nepal (PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Witan Sulaeman tidak bisa menutup rasa gembira usai tim nasional Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Menurutnya, kerja sama tim menjadi kunci Indonesia bisa mendapat tiket tersebut.

Indonesia dipastikan mengakhiri 15 tahun penantian untuk tampil di Piala Asia setelah mengalahkan Nepal 7-0 di laga terakhir penyisihan Grup A pada Rabu, 15 Juni dini hari WIB.

”Bagi saya kemenangan ini berkat kerja keras tim karena kami bersama-sama. Kemenangan ini sangat penting karena kami bisa lolos ke Piala Asia,” ujar Witan usai pertandingan.

Kemenangan atas Nepal merupakan kemenangan kedua yang didapat Indonesia selama di babak grup kualifikasi. Sebelumnya kemenangan diperoleh pada laga perdana melawan Kuwait.

Dua kemenangan membuat Indonesia menempati urutan kedua klasemen grup dengan koleksi 6 poin. Berada di belakang Yordania yang berhasil menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Yordania otomatis mengantongi tiket ke Piala Asia karena statusnya sebagai juara grup. Sementara itu, Indonesia lolos dengan status sebagai lima tim runner up terbaik bersama Hong Kong, Malaysia, Thailand, dan Kyrgyzstan.

”Semua sangat senang, semua bahagia, saya hanya berucap alhamdulillah dan berterima kasih kepada staf pelatih, terutama coach Shin Tae-yong, terima kasih sudah membawa kami ke Piala Asia. Kami sangat senang dan gembira sekali,” kata Witan.

Witan sendiri menyumbang dua gol pada pertandingan melawan Nepal. Sementara itu, lima gol lainnya dicetak oleh Elkan Baggott, Muhammad Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, dan Marselino Ferdinand.

Tahun depan merupakan kesempatan kelima skuad Garuda bermain di ajang tersebut setelah sebelumnya pernah tampil di 1996, 2000, 2004, dan 2007.