Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi tantangan berat dalam aksi perdana mereka di Piala Asia U-23 karena akan bertemu tuan rumah Qatar, hari ini Senin 15 April.

Bertanding di Stadion Jassim bin Hamad di Al Rayan, Indonesia yang ditangani Shin Tae-yong yang akan bertemu tuan rumah Qatar yang tentunya sangat termotivasi untuk memenangkan pertandingan perdana mereka.

Kemenangan pada laga perdana tentu akan melambungkan harapan untuk bisa lolos ke putaran kedua. Timnas Qatar senior sendiri menunjukkan prestasi yang bagus di kancah Asia. Dalam kejuaraan Piala Asia yang baru lalu, timnas Qatar sukses merebut gelar juara setelah di final berhasil menundukkan Yordania, 3-1.

Semangat tim senior mereka tentu akan menular kepada para juniornya. Tim itulah yang harus dihadapi Indonesia dalam kiprah perdana mereka di Piala Asia U-23.

Indonesia sendiri mendapat bekal moral yang luar biasa setelah mampu menaklukkan Uni Emirat Arab dalam uji coba terakhir mereka menjelang beraksi di Qatar. Dalam pertandingan di Dubai, Indonesia meraih kemenangan berkat gol tunggal yang dilesakkan Witan Sulaeman saat pertandingan memasuki menit ke-52.

Ini jelas menjadi bekal moral yang bagus karena dalam uji coba sebelumnya yang juga digelar di Dubai, Indonesia menelan kekalahan 1-3 saat bertemu Arab Saudi. Indonesia sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-32 melalui Komang Teguh setelah kebobolan oleh gol Jehad Thakri pada menit ke-18.

Namun, gawang Indonesia kemudian kebobolan dua gol yang dilesakkan Haitham Asiri pada menit ke-59 dan Abdullah Radif (90). Kemenangan yang dipetik setelah menelan kekalahan menjadi langkah maju yang ditunjukkan Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan trio Witan Sulaeman, Rafael Struick, Marselino Ferdinan di barisan penyerang.

Ketiga pemain ini akan ditopang empat pemain yang terdiri dari Rio Fahmi, Ivar Jenner, Arkhan Fikri, dan Pratama Arhan. Sementara barisan belakang akan dipercayakan kepada trio Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, serta Komang Teguh. Mereka akan mengawal kiper Ernando Ari.

Indonesia juga mendapat kabar gembira setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir berhasil melakukan lobi Heerenven untuk melepas Nathan-Tjoe-A-On ke dalam skuad Timnas 23. Klub Belanda itu mengizinkan pemainnya bertarung di Piala Asia U-23 yang akan mulai berlangsung 15 April 2024.

Pemain kelahiran Rotterdam ini akan bersaing untuk memperebutkan tempat di bek kiri. Dengan demikian dia akan menjadi pesaing Pratama Arhan di posisi sayap kiri. Kedua pemain ini memiliki kelebihan masing-masing.

Arhan memiliki kekuatan dalam lemparan ke dalam yang kerap menjadi assist sehingga terjadinya gol untuk timnya. Sementara Nathan punya kelebihan karena bermain bersama Heerenveen yang tampil di kompetisi di Eropa. Shin Tae-yong harus memilih salah satu di antara keduanya.

Pertandingan ini akan dimulai pukul 18.30 waktu setempat atau 22.30 WIB. Pertandingan akan digelar di Stadion Jassim bin Hamad yang menjadi salah satu venue saat Qatar menggelar Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023.