Rekor Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Dunia: 171 di Prancis dan Brasil
Zinedine Zidane usai mencetak gol ke gawang Brasil di FInal Piala Dunia 1998 (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Sepak bola adalah olah raga paling populer di dunia, tidak ada yang akan membantahnya. Selama bertahun-tahun, tidak ada olahraga lain yang menunjukkan kapasitas untuk menangkap imajinasi dunia seperti sepak bola.

Dan Piala Dunia, dapat dianggap sebagai pameran dari segala hal baik yang ditawarkan sepak bola. Turnamen yang diadakan setiap empat tahun sekali ini telah menghasilkan beberapa momen tak terlupakan bagi para pecinta olahraga.

Piala Dunia 1998 di Prancis dan Piala Dunia 2014 di Brasil tercatat menghasilkan jumlah gol terbanyak, sebanyak 171. Piala Dunia 2018 di Rusia berada di peringkat ketiga dengan 169 gol.

Namun, dalam hal rata-rata gol/permainan, Piala Dunia 1954 masih memimpin di puncak. Piala Dunia, yang diadakan di Swiss ini menghasilkan rata-rata 5,38 gol di setiap pertandingan.

Rentetan gol ini terutama disebabkan oleh format baru yang diterapkan dalam Piala Dunia edisi ini. Dalam format unik ini, tim dibagi menjadi empat grup, dengan masing-masing grup terdiri dari dua tim unggulan dan dua tim non-unggulan.

Selanjutnya, pertandingan grup hanya diperebutkan antara tim yang diunggulkan dan tidak diunggulkan. Ini menghasilkan beberapa kemenangan sepihak yang substansial. Misalnya, Korea Selatan kebobolan 16 gol dalam dua pertandingan mereka.

Sementara itu, Piala Dunia 1938 di Prancis menghasilkan 4,67 gol/pertandingan. Dan Piala Dunia 1934, 4,12 gol dicetak setiap pertandingan.

Piala Dunia Qatar tinggal menghitung bulan. Piala Dunia pertama yang dihelat di jazirah Arab ini juga berpotensi melahirkan rekor-rekor baru. Tapi, kita masih harus bersabar menanti jika ingin menjadi saksi.

Piala Dunia 2022 akan berlangsung dari 21 November-18 Desember mendatang.