Klasemen Sementara Perolehan Medali Indonesia di SEA Games Hanoi 2021
Ilustrasi medali emas SEA Games 2021 (Foto: NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia sudah mengantongi tiga medali emas di SEA Games Hanoi 2021. Ini membuat kontingen Merah Putih duduk di peringkat ketiga klasemen perolehan medali sementara.

Medali emas pertama untuk Indonesia disumbang dari cabang olahraga dayung pada Rabu, 11 Mei 2022. Tidak tanggung-tanggung dua emas sukses didulang dari nomor ini.

Dua emas dari dayung itu disumbang oleh Kukan Rusmana dan Ardi Isedi di nomor lightweight double sculls (LM2X) serta Sulpianto dan Memo di nomor double scull.

Kakan dan Ardi yang start dari lintasan 2 finis tercepat dengan catatan waktu tujuh menit 1,385 detik. Filipina finis 4,2 detik berselang di tempat kedua untuk perak, sedangkan perunggu menjadi milik tim tuan rumah. Sementara itu, Sulpianto dan Memo tampil baik mengalahkan Thailand dan Vietnam.

Emas berikutnya bagi Indonesia datang dari cabang olahraga pencak silat. Pesilat putri Riska Hermawan dan Ririn Rinasih tampil menawan untuk mengumpulkan 9.955 poin, diikuti tuan rumah Vietnam mendapat perak, dan Malaysia memperoleh perunggu.

Selain tiga emas, Indonesia juga sudah menghasilkan empat medali perak dan satu perunggu. Salah satu medali perak didapat Tim Dayung yang diperkuat Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti pada nomor women’s quadruple sculls (W4X).

Keempat atlet itu finis kedua dengan catatan waktu tujuh menit 23,6 detik. Di nomor ini emas didapat oleh Vietnam, sedangkan perunggu digondol Filipina.

Pada nomor women coxless four (W4-), Indonesia juga sukses meraih perak lewat aksi Syvia Lisdiana/Aisah Nabial Julanti/Chelsea Corputty yang mencatatkan waku 7 menit 16,5 detik.

Sementara itu, dua perak lainnya diperoleh dari cabang pencak silat di nomor beregu putra dan seni tunggal putri. Tim beregu putra yang diperkuat Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani dan Anggi Faisal Mubarak kalah dari Thailand, sedangkan seni tunggal putri Putri Arumsari ditekuk atlet Filipina Mary Francine Padios.

Adapun satu-satunya medali perunggu bagi Indonesia dibawa pulang oleh atlet Nadya Nakhoir pada nomor full contact -48kg. Langkah Nadya kandas di semifinal usai kalah dari wakil tuan rumah Nguyen Thi Hang Nga.

Terkait