PBSI Rilis Skuad Piala Thomas dan Uber, Tim Putra Ditargetkan Pertahankan Gelar
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Instagram @b.maulana7)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Indonesia untuk Piala Thomas dan Uber 2022 akhirnya resmi dibentuk. Total sebanyak 24 atlet putra dan putri dipilih mengikuti kejuaraan beregu paling bergengsi tersebut.

Kejuaraan Piala Thomas dan Uber akan berlangsung pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand. Masing-masing tim Thomas dan Uber terdiri dari lima pemain tunggal dan tujuh pemain ganda.

Terjadi beberapa perubahan di skuad Piala Thomas karena ada pemain yang sedang pemulihan dari cedera dan juga persiapan menuju SEA Games 2021. Untuk tahun ini, Indonesia bakal tidak diperkuat oleh Marcus Fernaldi Gideon, Leo Rolly Carnando, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Daniel Marthin.

Untuk diketahui Marcus saat ini masih menjalani pemulihan pada kaki pasca operasi. Sementara itu, keempat nama lainnya akan dikirim ke SEA Games Hanoi 2022 pada 12-23 Mei nanti.

Sebagai ganti, PBSI pun memasukkan nama pasangan juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Syabda Perkasa Belawa, dan Tegar Sulistio. Adapun Kevin Sanjaya tetap ikut sekalipun partnernya Marcus harus absen.

"Tapi walau begitu, kualitas tim Thomas tetap sama dan yakin bisa mempertahankan gelar," kata Kepala Bidang Bimbingan dan Prestasi PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan yang diterima.

Sementara di Piala Uber, PBSI hanya mempertahankan Nita Violina Marwah dan Jesita Putri Miantoro sebagai eks tim Uber Indonesia tahun lalu. Sisanya adalah pemain-pemain muda debutan.

"Di tim Uber semua adalah pemain muda, ini adalah kesempatan buat mereka untuk menguji kemampuan. Jadi ini bukan asal pilih tapi saya sudah koordinasi dengan pelatihnya melihat performa di latihan mereka memang sudah layak," ujar Rionny.

"Untuk fase grup saya percaya mereka bisa melaluinya dan saya berharap mereka bisa melaju ke semifinal dan menciptakan kejutan. Harapan saya semua bisa bermain maksimal baik tim Thomas maupun tim Uber," harap Rionny.

Berikut nama-nama atlet Indonesia yang akan bertanding di Piala Thomas dan Uber 2022:

Tim Piala Thomas

Anthony Sinisuka Ginting

Jonatan Christie

Shesar Hiren Rhustavito

Syabda Perkasa Belawa

Tegar Sulistio

Kevin Sanjaya Sukamuljo

Mohammad Ahsan

Hendra Setiawan

Fajar Alfian

Muhammad Rian Ardianto

Bagas Maulana

Muhammad Shohibul Fikri

Tim Piala Uber

Komang Ayu Cahya Dewi

Aisyah Sativa Fatetani

Bilqis Prasista

Tasya Farahnailah

Siti Sarah Azzahra

Nita Violina Marwah

Febriana Dwipuji Kusuma

Amalia Cahaya Pratiwi

Jesita Putri Miantoro

Lanny Tria Mayasari

Tryola Nadia

Melani Mamahit