PBSI Harap Tim Thomas Pertahankan Gelar
Pebulu tangkis Rian Ardianto (Instagram @rianardianto)

Bagikan:

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) harap tim bulu tangkis Indonesia bisa mempertahankan gelar di Piala Thomas 2022. Pengalaman tahun lalu diharapkan bisa menjadi modal penting menghadapi kejuaraan beregu itu.

Tim Thomas berada di grup yang cukup sulit berdasarkan hasil undian pada Jumat, 1 April sore. Jonatan Christie dan kawan-kawan menghuni Grup A bersama Korea Selatan, Thailand, dan Singapura.

"Ketiganya punya kekuatan masing-masing. Tetapi tahun lalu kita berada di grup yang juga berat. Itu menjadi pelajaran dan pengalaman kita, mudah-mudahan nanti bisa maksimal dan mempertahankan gelar juara," kata Kabid Binpres PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan.

Indonesia mengakhiri puasa gelar Piala Thomas selama 19 tahun usia menekuk juara bertahan China di partai final tahun lalu yang berlangsung di Denmark. Ketika itu, skuad Merah Putih tampil cukup ciamik.

Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan sukses menjadi juara Grup A dan maju ke perempat final. Di babak ini Indonesia juga tampil dominan dan sukses menekuk Malaysia dengan skor telak, 3-0.

Langkah mulus Indonesia kemudian berlanjut di babak semifinal. Mereka sukses mengalahkan Denmark 3-1 untuk mencapai partai pamungkas untuk menghadapi China.

"Persaingan tidak akan jauh berbeda, kekuatan lawan juga saya rasa seperti itu. Tapi mungkin ada satu dua pemain baru yang akan tampil dan itu kita harus waspadai karena permainannya belum diketahui," kata Rionny.

Penyelenggaraan putaran final Piala Thomas & Uber 2022 yang berdekatan dengan gelaran SEA Games 2021 membuat PBSI akan membagi dua tim berbeda dengan kekuatan merata. Pemain yang sama tidak akan mengikuti kedua ajang tersebut.

Putaran final Piala Thomas dan Uber akan bergulir pada 8-15 Mei di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Ini akan menjadi edisi ke-32 bagi Piala Thomas dan ke-29 untuk Piala Uber.