Profil Thomas Indratjaja, Calon Pengasuh Fajar/Rian Dkk di Pelatnas PBSI
Thomas Indratjaja (Dok. PBSI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) tampaknya sedang melakukan perombakan di kursi kepelatihan. Mereka dikabarkan sudah menunjuk Herry Iman Pierngadi alias Herry IP sebagai pelatih kepala ganda campuran.

Sementara pos yang ditinggalkan Herry IP, yakni pelatih kepala Ganda Putra disebut bakal diisi oleh Thomas Indratjaja dan Aryo Miranat.

Lantas, seperti apa sosok calon pelatih ganda putra yang baru? Informasi tentang profil Thomas Indratjaja dapat disimak dalam artikel berikut ini.

Profil Thomas Indratjaja

Munculnya nama Thomas Indratjaja sebagai calon pelatih  ganda putra Pelatnas PBSI di Cipaayung, sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, tak banyak pecinta olahraga bulu tangkis yang mengetahui rekam jejaknya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Thomas Indratjaja bukanlah sosok baru dalam hal kepelatihan. Thomas tercatat pernah menjadi pelatih ganda putra Pratama ketika PBSI dipimpin oleh Wiranto.

Selama menjadi pelatih ganda putra, Thomas berhasil melahirkan pebulutangkis top. Salah satunya adalah pasangan Berry Angriawan/Hardianto yang menjurai ajang Malaysia Masters 2017.

Pada tahun yang sama, pelatih kelahiran 27 Februari 1965 ini juga mendampingi pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro untuk meraih gelar juara China IC 2017.

Thomas memang jarang tampil di hadapan publik kendati sudah bertahun-tahun menjadi bagian dari PBSI.

Sebelum bergabung dengan PBSI, Thomas sempat menjadi Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PB Exist.

Selain itu, Thomas Indratjaja juga menjadi sosok penting di balik munculnya pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Saat itu, pasangan ini sukses meraih gelar Juara Dunia Junior pada 2019.

Usai meraih gelar juara, Leo/Daniel menyampaikan ucapan terima kasih kepada Thomas Indratjaja dan asiestennya, David Pohan, karena sudah mengasuhnya di level pratama Pelatnas PBSI.

Setelah Leo/Daniel dapat tempat di level senior, Thomas Indratjaja masih melanjutkan tugasnya membimbing para pebulutangkis junior di Pelatnas Cipayung, termasuk Muh. Putra Erwiansyah/Patra harapan Rindorindo.

Akan tetapi, pasangan Putra/Patra belum berhasil menyamai capaian Leo/Daniel yang menjadi Juara Dunia Junior pada 2022 silam setelah mereka dibekuk wakil China China Xu Hua Yu/Zhu Yi Jun di babak final.

Jika melihat rekam jejaknya, sosok Thomas Indratjaja mungkin dianggap PBSI sebagai orang yang tepat untuk menggantikan Herry IP sebagai pengasuh Fajar/Rian dkk di Pelatnas PBSI.

Demikian informasi tentang profil Thomas Indrtjaja. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.