Total Kontingen Indonesia untuk SEA Games Hanoi 2021 Jadi 497 Atlet Usai Futsal Dipastikan Ikut Serta
Tim futsal Indonesia (Instagram @federasifutsal_id)

Bagikan:

JAKARTA - Total atlet Indonesia yang akan dikirim untuk ke SEA Games Hanoi 2021 jadi 497. Jumlah itu meningkat setelah cabang olahraga (cabor) futsal diikutsertakan ke ajang dua tahunan tersebut.

Dalam pengumuman pertama pada 30 Maret lalu, kontingen Indonesia yang dikirim berjumlah 476 dari 31 cabor. Ketika itu cabor futsal tidak termasuk karena dianggap minim prestasi.

Akan tetapi, futsal akhirnya diberangkatkan menyusul prestasi mereka menjadi runner up di Piala AFF awal bulan ini. Penambahan futsal itu otomatis menambah kuota atlet sekaligus jumlah cabor.

"Dari 32 cabor itu futsal (putra) sudah ada di dalamnya total menjadi 497 atlet 214 official, dan 34 disiplin jadi itu yang kami persiapkan dan keberangkatan," kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Ferry Kono di Wisma Kemenpora pada Senin, 18 April 2022.

Keberangkatan kontingen Indonesia ke Hanoi akan dimulai pada 2 Mei mendatang. Beberapa cabang olahraga harus terlebih dulu bertolak ke sana karena ada nomor tertentu yang akan dilombakan terlebih dulu sebelum pembukaan.

Sementara itu, rombongan besar kontingen Merah Putih akan diterbangkan pada tanggal 10 Mei atau 11 Mei nanti. Rencananya Presiden Joko Widodo akan melepas kontingen Indonesia ke ajang dua tahunan itu.

"Memang banyak hal-hal yang belum bisa dikatakan final. Contoh akomodasi untuk para atlet sampai hari ini belum ditentukan," ujar Ferry.

Efesiensi atlet yang dilakukan pemerintah otomatis memengaruhi jumlah medali emas yang akan diperoleh. Kemungkinan Indonesia akan kehilangan 30 medali emas dari total yang didapat pada edisi sebelumnya di Filipina 2019 lalu.

SEA Games Vietnam akan berlangsung pada 12-23 Mei mendatang di Hanoi dan beberapa kota lain. Total 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam 526 nomor.