Timnas Futsal Putra Indonesia Dikirim ke SEA Games 2021 Setelah Jadi <i>Runner Up</i> Piala AFF 2022, Padahal Tak Masuk <i>List</i> Tim Review PPON Kemenpora
Timnas futsal putra Indonesia akhirnya diberangkatkan ke SEA Games 2021. (Dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Prestasi di Piala AFF 2022 membawa berkah buat Timnas Futsal Putra Indonesia. Seperti diketahui, Anak asuh Mohammad Hashemzadeh meraih posisi runner-up di ajang tersebut.

Mereka kini dikabarkan bakal dikirim untuk mengikuti ajang SEA Games 2021 Hanoi. Hal ini diakui manajer Timnas futsal putra Indonesia, Dimas Bagus Kurniawan.

"InsyaAllah jadi (berangkat ke SEA Games 2021-red)," ujar Dimas, seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, skuad Garuda" ditargetkan untuk meraih medali emas pada Pesta Olahraga Asia Tenggara tersebut. Namun, Dimas tidak bisa menjabarkan lebih detail tentang bagaimana timnas futsal akan berangkat ke SEA Games 2021.

Seperti diketahui, futsal tidak termasuk cabang olahraga yang diberangkatkan ke SEA Games 2021. Berdasarkan hasil analisa Tim Review PPON Kementerian Pemuda dan Olahraga, futsal dianggap tidak memiliki peluang untuk mendapatkan medali.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (bagaimana timnas futsal berpartisipasi di SEA Games 2021-red), termasuk siapa saja pemain yang masuk skuad. Soal teknis menjadi keputusan pelatih," kata Dimas.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) sendiri serius dalam mengirimkan atlet-atletnya ke SEA Games 2021, baik putra maupun putri. FFI bahkan sudah memanggil 18 pemain timnas putri untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) mulai akhir Maret 2022.

Pertandingan cabang olahraga futsal SEA Games 2021 rencananya digelar pada pertengahan Mei 2022.

Sejak futsal dikompetisikan di SEA Games pada tahun 2007, timnas putra Indonesia meraih tiga medali perunggu yaitu pada tahun 2007, 2011 dan 2013.