ISORI Dukung Pengiriman Atlet SEA Games 2021 Berdasarkan Data dan Track Record
Calon Atlet Sea Games 2021 (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) mendukung keputusan Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora yang memutuskan mengirim 31 cabang olahraga ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam berdasarkan data dan track record prestasi cabang olahraga dan atlet.

"Saya setuju 100 persen, sebenarnya walaupun tidak alasan efisiensi dan sebagainya, pengiriman atlet Indonesia ke luar negeri memang harus selektif. Supaya memang ada kebanggaan khusus untuk atlet yang mewakili negara ke luar negeri," kata Ketua Umum ISORI Syahrial Bakhtiar, dikutip dari ANTARA, Sabtu, 9 April.

Menurut dia, pengiriman atlet ke kejuaraan di luar negeri berbasis data dan track record prestasi cabang olahraga dan atlet juga sebagai implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

Disamping itu, lanjut dia, pemerintah melakukan efisiensi pengiriman atlet ke SEA Games Vietnam juga karena keterbatasan anggaran karena difokuskan untuk pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19.

"Harapan kami juga bisa berdampak lebih baik pada pelayanan atlet juga. Penghargaan terhadap mereka pun harus lebih baik sehingga memotivasi atlet yang bertanding di SEA Games. Apalagi bisa main di level yang lebih tinggi. Jadi saya mendukung SEA Games dijadikan sebagai ajang latih tanding menuju Asian Games dan Olimpiade,” kata Syahrial menambahkan.

Selain itu, Syahrial melanjutkan, jika pada level SEA Games atlet tidak berprestasi maka bisa dipastikan akan kesulitan di level lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade. Untuk itu pihaknya mendorong agar atlet berbenah diri dengan berlatih, ekosistem olahraga diperbaiki, pembinaan di masing-masing cabang olahraga ditingkatkan.

“Memang bukan masanya lagi kita melihat SEA Games kita kirim kontingen banyak-banyak. Banyak boleh, tapi harus berprestasi,” kata Syahrial menegaskan.

Ketua Umum ISORI ini juga mengapresiasi pembentukan tim review PPON Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang terdiri dari akademisi, praktisi, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Menurut saya sudah seharusnya ada tim independen yang bisa melihat sejauh mana sebenarnya prestasi atlet yang harus dikirim,” kata Syahrial lagi.

Terkait dengan target prestasi di SEA Games, ISORI berharap Indonesia bisa meraih hasil maksimal karena atlet yang dikirim berdasarkan treck record masing-masing. Di sisi lain, Indonesia dalam sejarahnya beberapa kali menjadi juara umum kejuaraan multi event terbesar di Asia Tenggara itu.