Tulis Kata-Kata Menyentuh Hati di Instagram, <i>Host</i> Undian Piala Dunia Rusia Ini Sebut Perang Ukraina "Tragedi"
Maria Komandyana (Instagram @komandnaya)

Bagikan:

JAKARTA - Presenter asal Rusia yang menjadi host undian Piala Dunia bersama Gary Lineker bikin kuping presdien Rusia Vladimir Putin panas. Maria Komandyana menyebut invasi Ukraina sebagai "tragedi".

Komandnaya yang memainkan peran kunci pada Piala Dunia 2018, mengunggah postingan yang menyentuh hati di Instagram.

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam serangan Eropa terbesar sejak Perang Dunia Kedua. Dan Komandnaya membuka media sosialnya untuk mengungkap perasaannya.

“Foto-foto ini tampaknya berasal dari kehidupan masa lalu - dan itu berasal dari masa lalu. Apa yang terjadi sekarang adalah tragedi. Saya benar-benar tidak dapat menemukan kata-kata - bukan karena saya takut pada Roskomnadzor (pengawas media), tetapi karena saya tidak memilikinya," tulis Komandyana membuka keterangan dalam unggahannya.

"Satu setengah minggu terakhir adalah waktu tersulit dalam hidup saya. Bagaimana cara melanjutkan hidup? Saya bukan Ekaterina Shulman, dan saya tidak tahu.”

'Roskomnadzor' adalah nama yang diberikan kepada badan federal Rusia yang bertanggung jawab untuk mengendalikan dan menyensor media massa Rusia, sementara 'Shulman' adalah ilmuwan politik Rusia.

Komandnaya, seorang jurnalis dan presenter TV yang merupakan salah satu nama besar di negaranya, menjadi pusat perhatian Lineker saat pengundian Piala Dunia 2018 berlangsung di Moskow menjelang kompetisi di negara tersebut.

Dia berbicara tentang turnamen itu kepada FIFA pada 2018: “Jutaan penggemar menahan napas, berharap impian mereka akan menjadi kenyataan. Saatnya Piala Dunia secara resmi dimulai. Saya percaya bahwa sepak bola adalah bahasa universal, yang mampu menyatukan orang-orang dari seluruh dunia.

“Dan inilah saatnya kita semua bisa berbicara sepak bola. Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk membantu mengadakan salah satu acara olahraga terbesar. Saya ingin menunjukkan kepada penggemar betapa indahnya negara saya dan betapa senangnya kami menjadi tuan rumah Piala Dunia. Kami sangat bersemangat tentang apa yang kami lakukan, dan tentang sepak bola. Percayalah, ini akan menjadi acara yang benar-benar luar biasa.”

Rusia telah menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Euro 2028 atau Euro 2032 meskipun pengucilan massal negara itu berlangsung di seluruh Eropa. Saat ini, klub dan tim nasional Rusia ditangguhkan oleh FIFA dan UEFA, dengan Persatuan Sepak Bola Rusia ke Pengadilan Arbitrase Olahraga mengajukan banding atas keputusan tersebut.