Pesenam Ivan Kuliak Bikin Heboh! Kenakan Simbol Z di Piala Dunia Senam untuk Dukung Invasi Rusia ke Ukraina
Pesenam Rusia, Ivan Kuliak. (Foto: Instagram.com/@ku1ich7200

Bagikan:

JAKARTA - Pesenam Rusia, Ivan Kuliak, terlihat mengenakan huruf Z pada seragamnya dalam kompetisi resmi. Simbol tersebut diketahui merupakan dukungan untuk invasi negaranya terhadap Ukraina.

Pesenam berusia 20 tahun tersebut mengenakan seragam dengan simbol pro Putin itu saat bertanding melawan atlet Ukraina dalam Piala Dunia Senam Artistik di Qatar. Hal ini diketahui dari video yang beredar di media sosial.

Sebelumnya juga beredar video yang memperlihatkan Kuliak sedang berlatih dengan menggunakan seragam itu. Ia juga menunjuk ke dadanya yang menunjukan simbol Z, lalu mengangkat kepalan tangan yang menandakan perang.

Video tersebut pertama kali diunggah di akun @karelian_gymnastics_team sebelum Kuliak mengunggahnya di Instagram story-nya dengan emoji kepalan tangan, kedipan mata, dan tawa.

Saat tampil di Piala Dunia, Kuliak finis di posisi ketiga untuk nomor palang paralel. Ia dikalahkan Kovtun Illia dengan torehan medali emas yang justru berasal dari Ukraina.

Huruf Z berubah menjadi simbol invasi Rusia ke Ukraina yang membuat pendukung pro-Putin kemudian mengenakannya di pakaian. Para demonstran pro-invasi juga telah mengibarkan bendera dengan simbol itu dalam pergerakan mereka.

Simbol Z sendiri merupakan singkatan dari 'Za pobedy', yang berarti 'Untuk kemenangan'. Simbol itu juga telah terpampang di seluruh tank Rusia yang menyerang Ukraina.

Sejak Rusia mencetuskan perang di Ukraina, seluruh atlet Rusia dan Belarusia kemudian mendapat larangan mengikuti sejumlah acara olahraga di penjuru dunia.