Tim Atletik Indonesia Raih 2 Medali Emas dan 2 Perak di Singapura, Modal Menuju SEA Games 2021
Atlet atletik Indonesia, Emilia Nova, yang jadi andalan di SEA Games 2021. (Foto: Instagram @emilianovanv)

Bagikan:

JAKARTA - Tim atletik Indonesia menorehkan hasil gemilang pada ajang 82nd Singapore Open Track & Field Championships 2022. Skuad Merah Putih meraih dua medali emas dan dua perak dalam event yang digelar di Home of Athletics, Kallang Sports Centre, Singapura, tersebut.

Pada hari terakhir, Minggu 17 April, skuad Merah Putih meraih satu emas dan perak. Medali emas diraih Valentin Vanesa Lonteng yang turun pada nomor lari 100 meter putri.

Dia menjadi yang tercepat pada babak final dengan mencatat waktu 11,77 detik. Valentin mengalahkan wakil tuan rumah Veronica Shanti Pereira yang berada pada urutan kedua dengan 11,93 detik.

Sementara sprinter Filipina, Eloisa Luzon-Medina, finis posisi ketiga dengan 12,40 detik.

Setelah itu, pundi-pundi medali timnas atletik Indonesia bertambah dari nomor estafet 4x100meter putra. Bayu Kertanegara, Eko Rimbawan, Wahyu, dan Sudirman Hadi meraih medali perak setelah menyelesaikan lomba dengan membukukan waktu 40,09 detik.

Mereka berada di belakang wakil Malaysia dengan komposisi Muhammad Azeem Mohd Fahmi, Jonathan Nyepa, Muhammad Zulfiqar Ismail, dan Muhammad Haiqal Hanafi yang finis pertama dengan 39,66 detik.

Sementara pada urutan ketiga ditempati Singapura (Ian Koe, Joshua, Chua, Marc Brian, dan Ho Ann Heng Xander) yang finis dengan catatan waktu sama dengan Indonesia, 40,09 detik.

Sehari sebelumnya, dua wakil Indonesia juga mengemas medali. Emilia Nova membawa pulang emas setelah menjadi yang terbaik pada nomor 100meter lari gawang putri dengan mencatatkan waktu 13,74 detik.

Emil, sapaan akrab Emilia Nova, mengalahkan wakil Filipina Melissa Escoton yang finis kedua dengan 13,96 detik dan atlet tuan rumah Kerstin Ong yang finis ketiga dengan membukukan 14,99 detik.

Giliran atlet putra Halomoan Edwin Binsar Simajuntak meraih medali perak pada nomor 400meter lari gawang putra usai mencatatkan waktu 52,84 detik. Dia berada di belakang wakil Singapura Calvin Quek yang meraih emas usai membukukan 51,85 detik.

Sementara posisi ketiga ditempati Fracis Medina dari Filipina dengan 53,20 detik.

Torehan dua emas dan dua perak ini menjadi modal penting bagi tim atletik Indonesia dalam persiapan menuju SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei. Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menyiapkan 23 atlet untuk SEA Games Hanoi, namun yang berlomba di Singapura hanya tujuh karena disiplin yang mereka geluti tergolong cepat dalam melakukan recovery.

Pada SEA Games Filipina 2019, Indonesia berada pada urutan kelima dalam perolehan medali atletik dengan lima emas, enam perak, dan lima perunggu. Vietnam menjadi negara dengan medali terbanyak dengan 16 emas, 12 perak, 10 perunggu.