MotoGP Jepang Jadi Tanda Tanya, Dorna Sport: Kami Merencanakan 21 Balapan, Tidak Kurang dari 19
MotoGP 2022. (Dok. situs resmi MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Dorna Sport berharap rencana menggelar 21 seri balapan MotoGP musim ini bisa selesai sesuai dengan rencana. Satu-satunya grand prix yang masih menjadi tanda tanya adalah Jepang.

"Kami merencanakan 21 balapan dan tidak kurang dari 19 balapan," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta seperti dilansir dari Speedweek.

Ketidakpastian seri Jepang ini dipengaruhi oleh aturan karantina yang diberlakukan di negara tersebut. Aturan ini jika tidak dicabut pada saat jadwal balapan nanti maka ada kemungkinan urung digelar.

Balapan seri Jepang berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi direncanakan berlangsung pada 25 September nanti. Jika Jepang ingin tetap menggelar balapan, mereka harus melonggarkan aturan karantina karena kru pebalap tidak punya waktu yang cukup saat dihadapkan dengan jadwal padat di bulan berikutnya.

"Kami berasumsi bahwa peraturan karantina untuk GP Jepang akan dicabut pada waktunya. Jika karantina dipaksakan, tentu saja kami tidak akan pergi," kata Ezpeleta.

Selain Jepang, grand prix Australia di Sirkuit Phillip Island juga kabarnya terancam dengan aturan karantina. Akan tetapi, seri ini kemungkinan kecil bisa batal karena Formula 1 (F1) sudah menggelar balapan di sana bulan ini.

Ezpeleta menegaskan jika situasi terburuk yang mengharuskan dua balapan itu batal digelar, tidak ada seri pengganti untuk menggenapi 21 seri demi memenuhi rencana awal.

"Formula 1 ke sana seminggu yang lalu. Jika F1 bisa tampil di sana, kami juga bisa. Jika kami tidak diharuskan karantina saat kami ke negara itu pada musim gugur, kami akan pergi ke sana," katanya.

Balapan sebanyak 21 seri di kalender MotoGP tahun ini merupakan yang terbanyak pertama dalam sejarah grand prix sejak bergulir pada 1949. Dua seri balapan yang ditambahkan dalam kalender musim ini adalah seri Finlandia dan Mandalika.

Seri Finlandia digelar untuk pertama kalinya sejak 1982, sedangkan Mandalika menandai pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah sejak 1997.

Sejauh ini MotoGP sudah menggelar sebanyak empat seri balapan. Selain Mandalika, tiga seri lain yang telah digelar adalah Qatar, Argentina, dan Amerika Serikat.