Isu Suzuki Bakal Angkat Kaki dari MotoGP, Dorna Siap Buka Pintu Pabrikan Lain untuk Bergabung
Pebalap dari pabrikan Suzuki, Alex Rins. (Twitter @Rins42)

Bagikan:

JAKARTA - Tim pabrikan Suzuki dikabarkan bakal angkat kaki dari MotoGP seiring berakhirnya musim 2022. Dorna Sport selaku penyelenggara MotoGP angkat suara terkait isu tersebut.

Mencuatnya isu ini kemudian juga menimbulkan spekulasi soal masa depan dua pebalap Suzuki yaitu Joan Mot dan Alex Rins.

Dorna menyebutkan saat ini pihaknya dan Suzuki tengah melakukan pembicaraan resmi soal kabar yang berhembus itu. Dorna juga menyinggung soal kontrak yang telah disepakati oleh tim pabrikan asal Jepang tersebut.

“Menyusul rumor terbaru Suzuki meninggalkan MotoGP pada akhir 2022, Dorna Sports secara resmi menghubungi pabrik untuk mengingatkan mereka bahwa kondisi kontrak mereka untuk balapan di MotoGP tidak memungkinkan mereka mengambil keputusan ini secara sepihak," ungkap Dorna di situs resmi mereka.

Lebih lanjut, Dorna juga mengatakan jika Suzuki tetap memutuskan untuk pamit usai musim 2022, hal itu akan menjadi pertimbangan matang pihak penyelenggara dalam menentukan jumlah pebalap untuk musim selanjutnya.

“Namun, jika Suzuki pergi setelah ada kesepakatan antara kedua belah pihak, Dorna akan menentukan jumlah ideal pembalap dan tim yang berlomba di kelas MotoGP mulai tahun 2023," lanjutnya.

Dengan begitu, Dorna juga menyebut mereka akan membuka pintu bagi tim pabrikan lain untuk bergabung dan mengisi posisi kosong yang bakal ditinggal Suzuki.

"Dorna terus menerima minat tingkat tinggi dari sejumlah pabrik resmi dan Tim Independen yang ingin bergabung dengan grid MotoGP karena olahraga ini terus menjadi contoh global dalam persaingan ketat, inovasi, dan hiburan, mencapai ratusan juta penggemar di seluruh dunia. Minat dari pihak-pihak ini telah dikonfirmasi ulang dalam 24 jam terakhir,” jelas pihak Dorna.

Meski pihak Dorna selaku penyelenggara telah memberikan tanggapan, tapi di sisi lain pihak Suzuki masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kabar ini.