Minus Skuad Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2023 di Mata Shin Tae-yong
Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021, Shin Tae-yong menyebut skuadnya masih punya banyak kekurangan. Kekurangan itu terlihat saat tim melakoni laga uji coba perdana di Korea Selatan kontra Andong Science College

Dalam pertandingan yang berlangsung di Haemaji Football Field, pada Kamis, 21 April itu, Marc Klok dan kawan-kawan sebenarnya menang 4-2. Meski demikian, kerja keras mereka tidak luput dari kelemahan yang menjadi perhatian Shin.

"Masih banyak kekurangan, dari feel permainan, timing, dan passing juga masih kurang," kata pelatih asal Korea Selatan itu yang dikutip VOI dari situs resmi PSSI.

Shin Tae-yong mengatakan untuk itu evaluasi perlu dilakukan, terutama soal organisasi permainan. Di antaranya adalah menjaga jarak, mencari ruang kosong di area pertahan, dan menciptakan peluang-peluang yang baik.

"Karena ada masih ada beberapa kali uji coba, para pemain melakukan conditioning. Pemain yang cedera lakukan terapi. Para pemain harus membuat organisasi lebih baik lagi," tambahnya.

Dalam laga melawan Andong, pelatih Shin Tae-yong menurunkan empat pemain senior sebagai starter. Mereka adalah Fachruddin Aryanto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya.

Selanjutnya, Tim U-23 Indonesia akan melawan Pohang Steelers pada Sabtu, 23 April 2022. Setelah itu mereka bersua Daejeon Hana Citizen pada 27 April nanti.

Setelah laga uji coba melawan Daejeon Hana, Garuda Muda akan kembali ke Jakarta. Setelah melewati Idul Fitri di Jakarta, mereka akan bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games Hanoi 2021.

Di SEA Games 2021, Tim U-23 Indonesia tergabung di Grup A. Dalam grup yang ada tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Adapun SEA Games 2021 bakal berlangsung dari 12-23 Mei. Cabang olahraga sepak bola sudah dimulai sejak tanggal 6 Mei.