Pengurus Daerah Sudah Mulai Ikut Berperan dalam Pembinaan Atlet, PBSI: Ini Bentuk Desentralisasi Pelatnas
Pembinaan atlet PBSI. (Dok. situs resmi PBSI)

Bagikan:

JAKARTA - PP PBSI mengklaim program organisasi di daerah sudah berjalan baik. Kini pengurus daerah ikut memainkan peran yang sesuai dengan program pusat, termasuk dalam hal pembinaan atlet.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy. Dalam keterangan tertulisnya, mantan wartawan olahraga itu menyebut pihaknya sudah membuka pelatnas di daerah.

"PBSI sudah membuka pelatnas wilayah barat di Sumatera Utara. Sementara, pelatwil tengah dan timur sedang disiapkan. Ini adalah bentuk desentralisasi pelatnas," sebut Broto seperti dilansir Antara, Selasa 19 April.

Pembentukan pelatnas wilayah dilandasi pandangan untuk melakukan desentralisasi pelatnas. Tak hanya itu, PBSI juga akan menggulirkan ajang Piala Presiden sebagai salah satu bentuk pembinaan atlet bulu tangkis nasional.

"Kami akan segera melaksanakan Piala Presiden yang akan diawali dengan Piala Gubernur, peran daerah secara signifikan akan ditampilkan untuk manajemen talenta. Selain itu juga ada Sirkuit Nasional (Sirnas)," paparnya.

Dari segi keorganisasian, pelaksanaan mukernas PBSI dan lancarnya program-program di daerah menjadi indikator akan soliditas pengurus pusat dengan pengurus provinsi.

"Jadi dari Mukernas kemarin kita menunjukkan bahwa PBSI adalah organisasi yang solid. Semua aspirasi dari daerah kami dengarkan sebagai pelaksana di pusat," kata Broto.

"PBSI juga membuktikan selama kurang lebih satu setengah tahun, kita berhasil mendapatkan gelar juara di tingkat regional, kontinental maupun internasional yang sangat membanggakan, bahkan monumental," pungkasnya.