MotoGP Umumkan Kalender Sementara Musim 2023, Grand Prix Indonesia Jadi Seri ke-16
Pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro, bicara soal balapan MotoGP Mandalika. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA — MotoGP Grand Prix Indonesia musim 2023 masuk seri ke-16 dalam kalender sementara yang baru saja dirilis oleh Dorna Sport pada Jumat, 30 September 2022.

Balapan tahun depan bakal menciptakan seri terbanyak dalam sejarah Grand Prix setelah Kazakhstan dan India ikut menjadi tuan rumah. Total sebanyak 21 seri akan berlangsung di 19 negara.

Lomba nantinya akan dimulai pada 24 Maret di Autódromo Internacional do Algarve, Portugal. Balapan lalu berlanjut ke Termas de Rio Hondo, Argentina dan Austin, Texas, Amerika.

Balapan di Argentina nantinya akan berlangsung dari 31 Maret sampai 2 April. Sementara itu, di Austin akan digelar dari 14 sampai 16 April.

Setelah dari Benua Amerika, balapan kembali ke Eropa dari April sama Juni. Seri berturut-turut di Eropa dimulai dari Jerez (Spanyol), Le Mans (Prancis), Mugello (Italia), Sachsenring (Jerman), dan Assen (Belanda).

Sementara itu, Kazakhstan akan memulai debutnya menjadi tuan rumah pada bulan Juli menjelang jeda kedua di tengah musim. Balapan di negara Asia Tengah itu akan berlangsung di Sokol International Racetrack.

Kazakhstan menjadi negara ke-30 yang menjadi tuan rumah Grand Prix sepeda motor sejak era MotoGP dimulai pada 1949. Adapun dan Sirkuit Sokol menjadi lintasan ke-74 dalam sejarah yang menggelar balapan kelas utama.

Setelah dari Asia, balapan kembali ke Eropa pada Agustus untuk Grand Prix Inggris dan Austria. Seri lalu berlanjut ke Catalan di Circuit de Barcelona-Catalunya di bulan September.

Setelahnya, India akan mencatat sejarah debut mereka menjadi tuan rumah di Sirkuit Internasional Buddh. Bekas lintasan Formula 1 ini pun menjadi tempat ke-75 yang menggelar balapan MotoGP.

Seri Jepang dan Indonesia akan berlangsung setelah itu, menyusul Australia, Thailand, dan Malaysia. Adapun Qatar menggelar seri ke-20 sebelum seri penutup musim di Valencia.