Tak Lagi di Qatar, Pembukaan MotoGP 2023 Dipindah ke Eropa
MotoGP 2023 akan dibuka di Portugal. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - MotoGP 2023 akan terasa sangat berbeda. Pembukaan balap motor paling bergengsi itu akan digeser ke Eropa, tepatnya di Portugal.

Grand Prix Portugal akan menggantikan Qatar yang dalam beberapa tahun terakhir selalu membuka rangkaian balapan motor kelas premier tersebut. Balapan di Algarve International Circuit, Portimao, akan digelar pada 24-26 Maret 2023.

"Kalender penuh sementara MotoGP 2023 akan dirilis Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) pada waktunya, tetapi untuk seri pembuka sudah dapat dikonfirmasi," demikian pernyataan resmi MotoGP, seperti dikutip Antara via Reuters.

Pembukaan musim 2023 di Portugal akan menandai pertama kalinya MotoGP dimulai lagi di Eropa sejak 2006.

"Ini juga akan menjadi seri pembuka yang digelar di Eropa untuk ketiga kalinya setelah lebih dari tiga dekade," lanjut pernyataan tersebut.

Sirkuit Algarve pun bakal menyajikan sesuatu yang baru. Mulai tampilan grid, hingga trofi yang akan diberikan.

"Juga akan digelar tes pramusim sepanjang pekan sebelum event, tanggalnya akan dikonfirmasi segera," kata MotoGP.

Negara Timur Tengah itu tak akan menjadi seri pembuka MotoGP musim depan karena Sirkuit Losail Qatar harus menjalani renovasi besar-besaran dan hanya akan menggelar balapan ketika renovasi selesai.

Qatar menjadi seri pembuka musim MotoGP sejak 2007. Hanya sekali menggelar balapan pada 2020 karena dibatalkan akibat pandemi COVID-19.