Jadwal MotoGP Portugal: Menanti Aksi Menawan Enea Bastianini dan Marc Marquez Lagi
Jadwal MotoGP Portugal, pembuka Seri Eropa. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Balapan MotoGP seri kelima bakal mulai berlangsung hari ini, Jumat, 22 April. Lomba adu cepat motor paling bergengsi itu diawali dengan latihan bebas pertama (FP1) dan latihan bebas kedua (FP2).

Seri Portugal bakal menjadi seri pembukaan rangkaian balapan MotoGP di Eropa. Seri-seri di Eropa diperkirakan tetap akan berlangsung sengit seperti seri-seri sebelumnya yang berlangsung di Asia dan Amerika.

Jika melihat hasil di empat seri sebelumnya, besar kemungkinan bisa lahir juara seri baru selama berlangsung di Eropa. Sebagaimana diketahui, di empat seri sebelumnya tercatat sebanyak tiga pebalap dari tim berbeda sukses menduduki podium teratas.

Total sudah ada sepuluh pebalap berbeda yang menempati podium satu sampai ketiga. Artinya, belum satu pebalap pun yang berhasil mendominasi awal musim ini.

Pemuncak klasemen saat ini masih Enea Bastianini dari Gresini adalah satu dari dua pebalap yang sukses dua kali ke podium sejauh ini. Pebalap 24 tahun asal Italia itu, merebut dua podium pertama masing-masing di seri Qatar dan Austin, Amerika Serikat.

Bastianini sebenarnya belum pernah memulai balapan dari pole position pada musim ini. Akan tetapi, ia sukses menduduki posisi teratas dengan koleksi 61 poin.

Banyak yang menantikan aksi briliannya, seperti yang diperlihatkan di Austin.

Sementara itu, pebalap lainnya yang sudah dua kali naik podium adalah Alex Rins dari tim Suzuki. Rider Spanyol itu masing-masing naik podium kedua di Amerika dan podium ketiga di Argentina dan telah mengumpulkan 56 poin atau terpaut hanya lima angka dari Bastianini.

Dengan gap poin yang kecil, klasemen sementara saat ini mungkin saja berubah pasca seri Portugal nanti. Selain Rins, Bastiani tentu saja menghadapi ancaman dari pebalap lain yang sudah pernah ke podium musim ini seperti Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, dan Joan Mir, yang menempel ketat di klasemen.

Namun, jangan kesampingkan juga Marc Marquez. Meski belum mampu bicara banyak, namun pebalap asal Spanyol itu sudah memberikan sinyal bahaya dengan penampilan gemilangnya di MotoGP Amerika.

Berikut jadwal MotoGP Portugal

Jumat, 22 April

15.55 - 16.40 WIB Latihan bebas 1

20.10 - 20.55 WIB Latihan bebas 2

Sabtu, 23 April

15.55 - 16.40 WIB Latihan bebas 3

19.30 - 20.00 WIB Latihan bebas 4

20.10 - 20.25 WIB Kualifikasi 1

20.35 -20.50 WIB Kualifikasi 2

Minggu, 24 April

15.40-16.00 WIB Pemanasan

19.00 WIB Race