Jadwal Balapan MotoGP Amerika 2022: Milik Marc Marquez Lagi?
MotoGP 2022 akan dilanjutkan di Sirkuit Austin. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Balapan MotoGP 2022 bakal memasuki seri keempat. Ajang MotoGP seri keempat akan berlangsung di Sirkuit Austin Texas, Amerika Serikat, pada Senin, 11 April dini hari WIB atau Minggu, 10 April waktu lokal.

Seperti lazimnya, setiap seri MotoGP akan dimulai dengan latihan bebas pertama (FP1) sampai latihan keempat (FP4) dan dilanjutkan ke babak kualifikasi. Untuk di Amerika, F1 akan digelar pada Jumat, 8 April besok.

Sementara itu, FP2 dan FP3 akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 April nanti. Setelahnya, jadwal latihan bebas keempat digelar pada Minggu, 10 April, dan dilanjutkan dengan kualifikasi di hari yang sama.

Sebelum di Amerika, MotoGP telah menuntaskan tiga seri. Dimulai dari seri pertama Qatar yang berlangsung 6 Maret lalu, Mandalika yang digelar 20 Maret, dan Argentina yang baru selesai awal pekan ini.

Balapan di Amerika bakal ditandai dengan kembalinya juara MotoGP enam kali, Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu baru saja sembuh dari diplopia episode ketiga dan mendapat izin turun di salah satu sirkuit favoritnya itu.

Marquez merupakan pebalap yang sangat dominan di lintasan Austin. Di sirkuit yang dikenal dengan sebutan COTA (Circuit of the Americas) itu ia tercatat memperoleh tujuh kemenangan dari delapan balapan sejak 2013, termasuk musim lalu saat ia masih dihantui cedera.

Balapan MotoGP musim ini sangat berlangsung ketat. Pasalnya sudah ada sembilan pebalap berbeda yang naik podium satu sampai ketiga dalam tiga seri sebelumnya.

Rinciannya di seri Qatar yang naik podium satu sampai tiga berturut-turut adalah Enea Bastianini, Brad Binder, Pol Espargaro. Kemudian di Mandalika podium satu ditempati Miguel Oliveira, disusul juara bertahan Fabio Quartararo, dan Johann Zarco.

Sementara itu di Argentina, yang berhak atas podium pertama adalah Aleix Espargaro yang membawa kemenangan perdana bagi Aprilia di era MotoGP. Ia dikuntit oleh Johan Martin dan Alex Rins.

Berikut jadwal lengkap MotoGP Amerika:

Jumat, 8 April

21.55–22.40 WIB Sesi latihan bebas pertama (FP1)

Sabtu, 9 April

02.10–02.55 WIB Sesi latihan bebas kedua (FP2)

21.55–24.40 WIB Sesi latihan bebas (FP3)

Minggu, 10 April

01.30–02.00 WIB Sesi latihan bebas keempat (FP4)

02.10–02.50 WIB Sesi kualifikasi

Senin, 11 April

01.00 WIB Balapan