Marc Marquez Sudah Menentukan Kapan Harus Kembali ke Lintasan MotoGP
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Instagram.com/@marcmarquez93)

Bagikan:

JAKARTA - Marc Marquez sudah menyusun rencana untuk kembali ke lintasan MotoGP usai absen cukup lama karena cedera. Pebalap Repsol Honda ini telah memperkirakan waktu yang tepat untuk kembali mengaspal.

Marquez harus absen dari balapan karena menjalani operasi humerus di Amerika Serikat pada April 2022. Proses pemulihan membutuhkan waktu yang panjang.

Kini kondisi Marquez sudah membaik dan hanya perlu melatih kekuatan humerusnya. Marquez pun yakin bisa turun balapan di dua seri terakhir MotoGP 2022.

"Target saya, sekaligus waktu realistis, untuk comeback balapan adalah sebelum berakhirnya musim MotoGP 2022. Mungkin di dua balapan terakhir atau hanya di Valencia," ucap Marquez dikutip Speedweek.

Dua balapan terakhir MotoGP 2022 akan digelar di Malaysia pada 23 Oktober dan Valencia pada 6 November.

"Sebelum menunggangi sepeda motor musim depan, saya setidaknya harus balapan satu kali musim ini," ujar juara dunia MotoGP enam kali itu.

Marquez terakhir kali balapan pada 29 Mei lalu. Kala itu, dia turun menggeber motor Honda RC213V di MotoGP Italia.

Selama absen, Marquez ternyata tetap memantau perkembangan di lintasan, termasuk persaingan gelar juara dunia MotoGP 2022. Dia kemudian memprediksi Francesco Bagnaia bakal menjadi rival utama Fabio Quartararo musim ini, bukan Aleix Espargaro.

"(Francesco) Bagnaia akan menjadi pebalap kunci dalam perebutan gelar juara dunia. (Fabio) Quartararo butuh sejumlah bantuan dari Yamaha. Dia super cepat, tapi melawan pebalap lain tanpa punya kecepatan bagus di jalur lurus akan sangat sulit," ucap Marquez memprediksi.

Marquez juga mengevaluasi performa timnya. Ia menyebut Honda perlu melakukan perubahan signifikan agar RC213V bisa kompetitif untuk MotoGP 2023.

"Kami harus mengubah sesuatu dalam tim dan dalam sepeda motor demi bisa tampil kompetitif musim depan," saran Marc Marquez.