Pol Espargaro Menganalisa Penyebab Kecelakaan Hebat Marc Marquez di MotoGP Mandalika, Ternyata Ini Penyebabnya
Pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro, bicara soal kecelakaan Marc Marquez di MotoGP Mandalika. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat ini tengah menjalani perawatan cedera akibat terjatuh di sesi pemanasan MotoGP Mandalika, 20 Maret lalu. Kecelakaan itu disebut sangat mengerikan.

Masih banyak orang yang bertanya-tanya apa penyebab Marc Marquez bisa terjatuh seperti itu. Ada yang berspekulasi itu karena lintasan di Sirkuit Mandalika, ada juga yang menilai ada masalah pada motor sang pemegang enam gelar juara MotoGP itu.

Rekan setim Marc Marquez, Pol Espargaro, menguraikan analisanya secara pribadi. Dia menyebut, kecelakaan itu adalah akibat dari masalah yang mereka alami sepanjang akhir pekan di Indonesia.

Masalahnya adalah ban!

"Ada kekurangan cengkraman. Ini adalah kecelakaan yang mengingatkan saya pada tahun lalu dengan masalah grip yang kami miliki," ujar Pol Espargaro, seperti dikutip AS.

Dia mengatakan, pada musim lalu, Honda tak bisa mengadaptasi motor dengan ban Michelin. Hal itu sayangnya terjadi lagi pada musim ini.

Meski Honda telah bekerja keras dan melakukan sejumlah evolusi, masalah dengan ban tak juga teratasi.

"Kami selamat dari banyak kecelakaan, tapi seperti yang dimiliki Marc saat pemanasan (MotoGP Mandalika), sulit untuk diselamatkan, karena itu adalah tikungan yang sangat, sangat cepat," tutur Pol Espargaro.

Dia kemudian menyoroti perubahan casing ban yang dilakukan Michelin di MotoGP Mandalika. Menurutnya, hal itu sangat berpengaruh.

"Itu sama seperti jika Anda mengganti motor," katanya.