Alex Rins Catat Sejarah Jadi Pebalap Pertama yang Jajal Sirkuit Mandalika
Alex Rins (MOTOGP)

Bagikan:

JAKARTA – Jagoan Suzuki Ecstar Alex Rins mengawali lembaran sejarah di aspal Sirkuit Mandalika dalam sesi tes pramusim MotoGP 2022 pada Jumat, 11 Februari.

Pebalap Spanyol kelahiran Barcelona, 8 Desember 1995, ini menjadi pebalap pertama yang keluar dari paddock tim dan menjajal lintasan Mandalika. Ia melahap 17 tikungan di lintasan sepanjang 4,31 kilometer itu sebelum diikuti pebalap lain.

Sebanyak 18 pebalap MotoGP lainnya kemudian mengekor di belakang Rins. Kemunculan para pebalap di lintasan langsung disambut tepukan puluhan penonton yang sebagian adalah pekerja yang sedang menyelesaikan pembangunan infrastruktur penunjang sirkuit. 

Raungan mesin-mesin berkapasitas 1.000 cc juga memicu antusiasme masyarakat sekitar sirkuit. Mereka menyaksikan aksi para rider pilihan tadi dari sisi-sisi luar lintasan. 

Para petugas lintasan atau marshall, yang sebagian besar adalah warga lokal juga telah mulai bertugas. Mereka berbaur dengan petugas lainnya seperti tim medis dan petugas khusus kebersihan.

 

Sebuah ambulans milik Kementerian Kesehatan ikut bersiaga tepat di antara tikungan 15 dan 16 di mana terdapat jalur khusus evakuasi. Ambulans diperlukan untuk mengevakuasi pebalap yang mengalami kecelakaan saat beraksi di lintasan. Satu tim kecil terdiri dari seorang dokter dan tiga perawat bersiaga.

Jadwal tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 dimulai pada pukul 09.00 WITA, Jumat, 11 Februari hingga 17.00 WITA. 

Tes pramusim di Mandalika akan berlanjut pada Sabtu, 12 Februari besok dan Minggu, 13 Februari. Tes hari kedua dan ketiga akan digelar pada jam yang sama.

Di tes hari pertama petugas sempat mengibarkan red flag akibat lintasan yang licin dan kotor oleh tanah yang dibawa air hujan. Tes kemudian berlanjut pada pukul 12.00 WITA saat green flag dikibarkan oleh petugas.